Penjelasan Seputar Bahan Spandek (Trend Fashion)

Bahan spandek atau biasa disebut dengan kain jenis elastante merupakan sejenis serat buatan yang memiliki tekstur elastis atau memiliki kemampuan untuk meregang.

Kemampuan meregang bahan spandek ini memiliki kekuatan 5 kali lebih lebar dari ukuran yang sebenarnya. Bahan spandek ini adalah bahan sintetis 100% yang sengaja didesain untuk menggantikan peran karet dalam kain.

Salah satu kelebihan dari bahan ini yaitu bahan ini merupakan jenis kain yang mudah diwarnasi sekaligus merupakan jenis bahan yang sangat kompitable hampir dengan semua jenis bahan kain.

Apabila bahan ini dicampurkan dengan bahan lain, maka bahan yang dihasilkan akan memiliki karakter yang unik dari bahan spandek sekaligus dari bahan yang telah kita campurkan.

 

Ciri – ciri kain spandek

ciri-ciri bahan spandek
photo by : http://www.elevenia.co.id/

Bahan spandek merupakan jenis kain yang sering digunakan untuk membuat pakaian dalam dunia fashion. Bahan ini adalah salah satu jenis bahan yang terbuat dari bahan katun dan terdiri dari campuran bahan polyurethane dan bahan kapas.

Bahan spandek ini memiliki karakter khusus yang harus kalian ketahui. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari bahan spandek yang harus kalian ketahui :

  • Kain menempel atau membentuk lekukan tubuh.
  • Memiliki sifat elastis sehingga bisa mempertahankan  ukuran aslinya.
  • Tidak membatasi ruang gerak.
  • nyaman saat digunakan.
  • Cenderung lebih ketat.
  • Bahan kainnya akan panas jika bahan polyurethane terlalu banyak.
  • Meskipun tipis, namun bahan ini terkesan awet.
  • Bahan kain spandek licin.

 

Kelebihan dan kekurangan kain spandek

kelebihan dan kekurangan bahan spandek
photo by : https://www.tokopedia.com/

Tidak jauh beda dengan jenis bahan lain pada umumnya yang sering digunakan dalam dunia indutri konveksi, bahan spandek juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kalian ketahui dalam artikel ini.

Berikut ini adalah kelebihan serta kekurangan dari bahan spandek :

  • Kelebihan kain spandek

dari sekian banyak kelebihan bahan spandex, disini kami akan membahas sebagian dari kelebihan bahan spandex. Diantaranya :

  1. Bahannya ringan

Bahan spandex terkenal karena bobot bahannya yang ringan. Karena sifatnya yang elastis, membuat bahan spandex ini menjadi lebih ringan. Maka tidak heran apabila bahan spandex ini digunakan sebagai bahan utama untuk pembuatan pakaian yang membutuhkan banyak gerak seperti dansa, olahraga ataupun yang lainnya.

  1. Tidak membatasi Gerak penggunanya

Bahan spandex terkenal karena sifat elastisnya yang memiliki sifat kelenturan 5 kali lebih lebar dari ukuran aslinya. Oleh karena itu berkat keelastisan dan kelonggarannya, bahan ini lebih bersahabat apabila digunakan oleh pemakainya.

  1. Banyak variannya

Sebenarnya, bahan spandex ini merupakan salah satu bahan yang dicampur dengan bahan lainnya untk menghasilkan satu bahan yang disebut spandex.

Oleh karena itu, ada banyak sekali variasi kain spandex yang bisa dihasilkan dari jenis campuran kain tersebut. Akan tetapi hanya ada beberapa jenis kain spandex yang akan kami jelaskan.

  1. Tahan terhadap sinar UV

Salah satu kelebihan selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah bahan kain spandex tahan terhadap paparan sinar matahari (sinar UV).

  1. Tahan minyak kulit

Jika kulit kalian berminyak, kalian tidak perlu khawatir jika bahan pakain yang kalian gunakan adalah bahan spandex. Karena bahan spandex merupakan jenis bahan yang tahan terhadap minyak yang ada ditubuh kita.

  1. Tidak berkerut

Sebagian kain ada yang berkerut setelah dicuci. Namun tentunya hal itu tidak berlaku untuk bahan spandex karena bahan yang satu ini tidak mudah berkerut.

  1. Lembut

bahan kain spandex termasuk bahan kain yang memiliki kelembutan sehingga bisa membuat nyaman saat digunakan oleh penggunanya.

  1. Elastis

Kelebihan utama yang dimiliki oleh bahan spandex yaitu tingkat elastis nya yang lentur sampai 5 kali lebih lebar dibandingkan dengan ukuran asalnya. Namun kalian tidak perlu khawatir karena bahan spandex bisa kembali ke ukuran semulanya.

  1. Kembali seperti sedia kala

Meskipun bahan spandex memiliki tingkat kelenturan 5 kali lipat dari ukuran aslinya, namun bahan ini bisa kembali ke ukuran asalnya setelah direnggangkan. Jadi kalian tidak perlu khawatir bahan ini akan molor atau melar.

  1. Tahan asam, alkali, keringat, air laut, dan suntan lotion

Jika berbicara soal ketahanan, bahan spandex merupaka jenis bahan yang memiliki ketahanan yang tidak bisa diragukan lagi.

 

  • Kekurangan kain spandek

Disamping banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh bahan spandex, tentunya ada beberapa kekurangan yang dimiliki oelh jenis bahan yang satu ini :

  1. Daya serap yang kurang baik

Daya serap yang dimiliki bahan spandex masih terbilang standard karena uap air ataupun keringat akan terjebak didalam kain sehingga tidak diserap baik oleh bahan spandek.

Namun tidak semua bahan spandek begitu. Karena jika campuran dari bahan lainnya pas atau bisa dengan kata lain dicampur dengan bahan kain yang memiliki bahan kain yang memiliki daya serap keringat yang baik, maka bahan yang dihasilkan akan lebih baik.

  1. Kurang baik menyerap keringat

Meskipun bahan spandex sangat cocok digunakan untuk digunakan dalam aktivitas yang membutuhkan banyak gerak seperti  olahraga dan dansa, sayangnya bahan ini tidak bisa menyerap keringat dengan maksimal.

Namun untuk mengatasi hal itu, kalian bisa mencampurkan bahan spandex dengan bahan yang bisa menyerap keringat supaya bahan yang dihasilkan bisa menjadi lebih maksimal.

  1. Sensitive panas

Kekurangan lain dari bahan spandex ini yaitu sensoitif terhadap panas. Oleh karena itu jika kalian memiliki bahan spandex, sebaiknya kalian jangan mengistrikanya. Karena jika kalian mengistrika bahan spandex ini, kemungkinan bahan spandex bisa mengerut.

  1. Mengikuti bentuk tubuh

Dikarenakan bahan ini elastis, tentunya bahan ini akan mengikuti serta memperlihatkan bentuk tubuh dan akan menempel pada tubuh sipengguna pada saat digunakan.

  1. Bau

Kekurangan lain dari bahan spandek yaitu mudah bau dikarenakan bahan yang satu ini kurang baik dalam hal menyerap keringat.

  1. Infeksi ragi

selain bisa menimbulkan bau yang tidak sedap, ternyata bahan yang satu ini dapat menimbulkan infeksi ragi.

  1. Butuh bahan lain

Meskipun bahan spandek memiliki banyak vbarian, tetapi bahan yang satu ini tidak bahan yang satu ini tidak bisa berdiri sendiri. Bahan spandex membutuhkan bahan lain dalam proses pembuatannya supaya dapat menghasilkan bahan yang lebih baik.

  1. Serat yang licin

Kakurangan yang terakhir dari bahan spandex ini adalah seratnya yang licin. Meskipun sebagian orang ada yang menyukai kain yang memiliki tekstur licin, tapi hal ini menyebabkan bahan spandex ini sulit dibentuk.

 

Penggunaan jenis bahan spandek dalam dunia industry

pakaian berbahan spandek
photo by : https://secretfates.blogspot.com/

Untuk bisa digunakan dibidang industry, biasanya bahan serat spandex di kombinasikan dengan serat lainnya. Seperti serat kapas, polyster, rayon dan lain-lain. Setelah menjadi kain, kain tersebut bisa dicelup untuk mendapatkan warna sesuai yang diinginkan.

Penggunaan spandek saat ini lumayan banyak. Dan biasanya bahan spandex digunakan pada pakaian-pakaina yang membutuhkan stretch yang tinggi. Berikut ini adalah penggunaan kain yang bisa kita temui sehari-hari :

  • Pakaian olahraga
  • Ikat pinggang
  • Bra straps
  • Sarung tangan
  • Legging
  • Celana jeans stretch
  • Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Diiindonesia sendiri, bahan campuran spandex ini juga digunakan untuk pakaian muslim seperti jilbab, gamis dan yang lainnya. Alasannya karena mereka menyukai bahan yang memiliki srat lembut dan halus.

Jadi jika kalian menemukan jenis kain yang ada bahan spandexnya, biasanya bahan itu akan lentur meskipun tingkaat kelenturannya tidak maksimal dikarenakan ada bahan campuran dari serat lainnya.

Setelah kalian mengetahui jenis-jenis bahan spandex, dari mulai kelebihan dan kekurangan serta penggunaanya dalam dunia industry.

 

•••••

 

Untuk kalian yang sedang mencari informasi tentang bahan spandek dan kebetulan mampir dihalaman ini, jangan lupa untuk membagikannya kepada keluarga atau rekan-rekan anda. Siapa tau mereka membutuhkan informasi yang sama dengan anda.

Sekian artikel dari dosendigital.com mudah-mudahan bermanfaat. Terimakasih wassalam.

 

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *