Apa Itu Bahan Wolfis?? (Baca, Paham, Beli)

Sebagai bahan yang sudah mulai terkenal dan tambah popular dikalangan masyarakat, maka wajar jika banyak yang bertanya mengenai apa itu kain wolfis, atau apa itu bahan wolfis?

Dikarenakan bahan kain ini sudah sering dicari orang karena harganya yang terjagkau ataupun karena kualitas bahannya yang dianggap cukup baik oleh penggunnya.

Disini dosen digital akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu bahan woolpeach, apa kelebihan dan kekurangannya dan bagaimana ciri-cirinya.

 

Apa itu bahan wolfis??

bahan wolfis berkualitas
photo by : https://supertexbandung.store/

Bahan wolfis atau biasa terkenal dengan nama woolpeach merupakan jenis bahan kain yang terbuat dari campuran bahan kain seperti kain sutra, kain katun serta tambahan serat sintetis.

Sebenarnya nama wolfis itu sendiri adalah woolpeach, dikarenakan sebagian orang Indonesia ada yang kesulitan dalam penyebutannya, maka namanya berubah menjadi wolfis.

Bahan ini memiliki ketebalan dibawah bahan jersey sehingga relative lebih ringan dan dan tipis. Namun, meskipun demikian, bahan ini memiliki kelebihan tidak tembus pandang.

Dikarenakan bahan ini tidak tembus pandang, maka pengguna tidak akan was-was. Bahannya yang adem, ringan saeta tidak transparan, membuat kain in sangat cocok apabilla digunakan didaerah tropis seperti di Indonesia.

Disamping itu, bahan woolpeach ini juga memiliki kelebihan lain yaitu warna printing pada kain wolfis bisa lebih hidup dibandingkan dengan kain chiffon, kain sutra, dan kain saten dikarenakan bahan ini memiliki campuran sintetis.

Bahan woolpeach juga sering digunakan oleh produsen untuk pembuatan gamis. Dikarenakan bahan ini memiliki kelebihan tersendiri yang bisa membuat penggunaya merasa nyaman.

Selain dugunakan untuk pembuatan baju gamis, ternyata bahan wolfis ini juga digunakan untuk membuat  rok celana. Rok celana tentunya masih trend hingga sekarang. Hal ini dikarenakan rok celana bisa membuat penggunanya merasa nyaman dan masih bisa kelihatan syar’i

 

Ciri-ciri bahan wolfis

Bahan kain ini sering digunakan dalam pembuatan busana muslim ataupun busana muslimah. Hal ini dikarenakan bahan woolpeachini memiliki kelebihan tersendiri yahg tidak dimiliki oleh jenis bahan kain lain pada umumnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri bahan kain wolfis :

  1. Tidak tahan terhadap panas.

Bahan yag satu ini tidk tahan terhadap panas. Jadi jiika kalian ingin menyetrika bahan ini, maka kalian harus benar-benar mengatur suhunya agar tidak terlalu panas.

  1. Mudah disetrika

Meskipun bahan ini tidak tahan panas, tetapi bahan yang satu ini sangat mudah untuk disetrika dengan kata lain, mekipun kalian menggunakan setrika yang tidak terlalu panas, kalian tidak akan mengalami kesulitan untuk merapikannya.

  1. Tidak tebus pandang

Jika kalian bicara tentang jenis bahan yang tidak tembus pandang, maka akan identic dengan bahan yang tebal. Begitupun dengan bahan wolfis. Bahan yang agak tebal sehingga tidak tembus pandang dan tidak menerawang.

  1. Bahannya ringan

Meskipun bahan wolfis tergolong tebal, tapi kelebihan dari bahan yang satu ini ialah meskipun tebal, bahan ini tetap ringan. Jadi kalian tidak perlu khawatir akan merasa terbebani jika kalian menggunakan bahan ini.

  1. Bahannya halus

Bahan wolfis merupakan bahan kain yang halus sehingga nyaman dikulit dan tidak menyebabkan gata-gatal atau iritasi.

  1. Tidak mudah kusut dan dingin.

Disamping mudah untuk dirapikan, ternyata bahan ini juga memiliki kelebihan lain yaitu tidak mudah kusut. Selain itu, bahan wolfis berbeda dengan bahan balotelly, kain wolfis ini merupakan jenis kain yang adem serta memberikan sensasi dingin bagi para pemakainya.

 

Kekurangan dan kelebihan bahan wolfis

Setelah kalian mengetahui bagaimana ciri-ciri sekaligus karakteristik dari bahan wolfis, kali ini dosendirital akan membahas kalabihan serta kekurangan dari kain wolfis tersebut.

Jika kalian memiliki keterampilan menjahit atau suka membuat rancangan busana muslimah, mengetahui  tentang kelebihan serta kekurangan secara mendetail adalah hal yang sangat penting.

Lalu apa saja kelebihan serta kekurangan dari kain wolfis, berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan serta kekurangannya :

Kelebihan kain wolfis

  • Kain wolfis yang lebih halus

Kelebihan utama dari  bahan ini adalah tekturnya yang halus dan lentur. Permukaannya yang halus membuat rasa lembut dan nyaman dikulit. Khususnya bagi para muslimah yang biasa menggunakan pakaian syar’I yang besar, longgar serta menutupi aurat.

faktor kenyamanan

  • Kain wolfis tidak mudah kusut

Dengan mengenakan pakaian muslimah berbahan dasar wolfis, merawat pakaian busana muslimah kini lebih mudah karena kain wolfis memiliki sifat yang tidak mudah kusut sehingga tidak perlu melakukan perawatan khusus.

  • Kain wolfis tebal dan tidak transparan

Busana atau fashion muslimah merupakan pakaian yang digunakan sehari-hari untuk menutupi aurat atau seluruh anggota badan yang termasuk kedalam aurat kecuali telapak tangan dan wajah termasuk bagian tubuh yang  dapat terbayang.

Dengan bahan wolfis, kalian tidak perlu khawatir akan baying-bayak lekukan tubuh yang dikarenakan oleh bahan kain yang terlalu tipis. Karena bahan wolfis ini memiliki serat yang tidak membuat bahan kain menjadi transparan.

  • Bahannya ringan

Kelebihan yang menonjol dari bahan woolpeach ini adalah kainnya yang tebal namun tetap ringan sehingga tidak merepotkan pengguna saat menggunakannya apalagi saat dicuci.

  • Harganya relative

Kini kain wolfis hampir tersebar diseluruh pasar Indonesia baik itu pasar online maupun pasar offline. Dengan harga yang relative murah, sehingga bahan wolfis bisa dibeli oleh semua kalangan. Dari mulai kalangan bawah, kalangan menengah, sampai kalangan atas.

  • Kain wolfis memiliki banyak warna.

Bagi kaum  wanita, memeperhatikan warna yang beragam adalah hal yag menarik bagi mereka. Dan memilih pakaian dengan banyak pilihan warna adalah kebahagiaan tersendiri bagi mereka juga.

Adapun manfaat banyaknya varian warna pada kain wolfis untuk para penjahit adalah untuk membuka kesempatan bagi mereka supaya bisa berkreasi lebih dengan variasi warna yang dihasilkan oleh kain wolfis.

  • Mudah ditemukan

Sesuai hokum  pasar, dimana ada permintaan disitu ada barang. Tentunya hal ini juga berlaku bagi kain wolfis. Dikarenakan bahan jenis wolfis banyak yang minat, maka banyak produsen yang menjual bahan ini dengan berbagai jenis dan kualitas.

 

Kekurangan kain wolfis

Dari sekian banyak kelebihan yang telah kita ketahui, ternyata dibalik banyaknya kelebihan kain wolfis ini masih ada kekurangannya. Diantara kekurangan dari kain wolfis adalah sebagai berikut :

  • Terlalu banyak pilihan warna

Pilihan warna yang sangat banyak bisa dianggap suatu kelebihan atau bahkan suatu kekurangan bagi sebagian orang. Karena biasanya warna kain wolfis seri lama akan berbeda dengan warna wolfis seri terbaru.

Misalkan jika kalian membeli kain wolfis ditoko yang sama dalam waktu yang berbeda, biasanya akan sulit untuk mendapatkan wanra yang sesuai dengan saat pertama kalian beli.

  • Tingkat ketebalan

Bahan ini memiliki tingkat ketebalan yang berbeda-beda mulai dari bahan yang tebal sampai bahan yan tipis sehingga terlihat transparan.

Jika kalian ingin membeli bahan wolfis, maka kalian harus benar hati-hati dalam memilih tingkat ketebalan kain yang diinginkan.

 

Tekstur kain wolfis 

tekstur bahan wolfis

photo by : https://dhiaco.com/bahan-wolfis/Jika dilihat dari definisinya, bahan woolpeach merupakan bahan campuran yang terdiri dari serat katun, sutra serta bahan tambahan seperti campuran sintetis. Sudah bisa kita duga bahwa bahan wolsif ini bertekstur halus.

Bahan woolpeach atau biasa disebut wolfis ini memiliki tekstur yang lembut, halus namun tidak licik sehingga tetap nyaman saat digunakan.

 

•••••

mungkin itulah sedikit penjelasan mengenai kain wolfis. mudah-mudahan informasi diatas bisa membantu kalian untuk lebih mengenal bahan wolfis. yang lainnya kalian bisa mengunjungi website dosendigital.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *