Burung Cililin | Jenis Burung Cililin yang Paling Unggul

suara burung cililin
Photo By kicaumania.net

Burung cililin atau biasa disebut dengan tangkar ongklet merupakan jenis burung dalam family corvidae atau masih tergolong  dari Jenis keluarga gagak – gagakan.

Sedangkan dalam istilah internasional, burung ini diberi nama crested jay dan mempunyai nama ilmiah platylophus galericolatus.

Dari dahulu, jenis burung ini terkenal karena tingkat kecerdasarnya yang tinggi. Sehingga tak aneh jika banyak para pecinta burung  atau kicau mania yang memeliharanya sebagai burung ocehan.

Namun sayangnya, dibalik kecerdasannya yang tinggi burung ini memiliki tingkat kerawanan stress yang cukup tinggi pula.

Sehingga apabila para kicau mania memiliki burung yang satu ini, saya sarankan untuk memeliharanya dengan sungguh – sungguh.

Karena jika perawatannya kurang diperhatikan, maka kemungkinan besar burung ini akan stres atau macet bunyi dan bahkan bisa sampai menimbulkan kematian.

Selain mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi dan mudah stress, ternyata burung ini memiliki jiwa fighter ( petarung ) yang cukup tinggi karena burung ini sangat mudah terpancing emosinya.

Burung ini sepertinya tidak menyukai adanya suara keras yang melebihi suara dirinya. Jikalau ada burung yang berkicau melebihi suaranya, maka burung ini akan marah dengan cara berkicau sekeras mungkin.

Terbukti ketika ada burung lain yang terdengar sedang berkicau, maka burung ini akan langsung membalasnya dengan mengeluarkan bunyi sekeras – kerasnya.

Burung cililin ini juga terkenal memiliki lagu atau suara kicauan yang serak dengan variasi ocehan yang lumayan enak. Maka tak aneh jika burung ini masuk kedalam daftar ocehan yang harus dimiliki para kicau mania.

 

Habitat burung cililin

habitat asli burung cililin
Photo By hewanpeliharaan.org

Burung cililin tersebar dibeberapa daerah di semenanjung Malaysia dan sunda besar. Diindonesia sendiri, burung ini tersebar dibeberapa pulau seperti pulau Sumatra, pulau jawa, dan pulau kalimantan.

Burung ini sering terlihat  tinggal didaerah perhutanan dataran rendah dengan ketinggian kurang lebih 1.200 mdpl.

Burung ini dihabitat aslinya merupakan pemakan serangga kecil seperti jangkrik, ulat hongkong  dan belalang. Buah-buahan juga bisa membantu memelihara pencernaan burung ini.

Karena seringnya diadakan perlombaan jenis burung kicau mengakibatkan burung ini banyak dicari untuk dijadikan masteran untuk burung fighter milik para kicau mania.

Jenis burung yang suka dimaster dengan burung ini biasanya murai batu, kacer, pentet, cucak ijo, lovebird, kenari, cucak jenggot dan burung yang lainnya.

Adapun yang menjadi daya tarik burung ini yaitu postur atau bentuk tubuhnya yang unik, suara yang kasar, rapat, bervariasi dan juga panjang.

Namun perlu kita ketahui bahwa burung ciliin yang memiliki suara seperti diatas hanyalah burung jantan.

Oleh karena itu kita harus bisa membedakan mana burung jalak suren jantan dan mana burung jalak suren betina.

Jika para calon kicau mania belum bisa membedakan keduanya, maka dosendigital akan memberikan sedikit tips untuk membedakan  cililin jantan dan cililin betina.

Cara membedakan burung cililin jantan dan betina

Supaya para kicau mania tidak mudah tertipu serta kabingungan saat memilih jenis kelamin burung cililin, maka kicau mania harus membaca trik berikut untuk dapat membedakan jenis kelamin burung cililin :

Ciri – ciri cililin jantan

cara membedakan cililin jantan
Photo By hewan.id
  • Pada bagian mata terdapat bintik putih kecil dialisnya
  • Pada bagian leher terlihat bulu putih tebal dan warna hitam yang jelas sebagai pemisahnya
  • Ukuran tubuh dan ukuran kepala yang relatif lebih besar bila dibandingkan dengan betina
  • Warna bulu pada tubuhnya berwarna lebih tua dan pekat
  • Pada saat berdiri tubuhnya terlihat lebih tegak dan nampak gagah
  • Dari segi suara burung cililin jantan durasinya lebih panjang, rapat, bervariasi dan terdengar kasar

Ciri – ciri cililin betina

cara membedakan betina
Photo By hewan.id
  • Pada bagian mata terdapat bintik putih yang terlihat lebih besar dari jantan
  • Warna bulu pada bagian leher cenderung tipis dan warna hitam pemisahnya terlihat samar atau kurag jelas
  • Ukuran tubuh dan ukuran kepalanya terlihat lebih kecil dibandingkan dengan jantan
  • Warna bulu pada tubuhnya cenderung lebih muda.
  • Saat berdiri tubuhnya terlihat datar
  • Sedangkan dari segi kicauannya burung betina lebih pendek dan tidak rapat namun memiliki suara halus tapi jarang berkicau

Itulah sedikit ilmu mengenai perbedaan antara burung cililin jantan dan betina. Mudah – mudahan artikel ini bisa membantu menambah wawasan anda mengenai burung cililin.

Namun perlu anda ketahui bahwa diindonesia terdapat dua jenis cililin. Yaitu burung cililin hitam dan coklat.

Masing – masing jenis cililin memiliki perbedaan yang perlu kicau mania ketahui. Disini kami akan bahas mengenai habitat, warna, jenis suara dan ciri – ciri fisik lainnya.


BACA JUGA : Cara merawat burung kenari supaya rajin berbunyi ( gacor )


Burung cililin coklat dan hitam

Burung cililin coklat

platylophus galericolatus
Photo By jalaksuren.net

Hal utama yang membedakan cililin coklat dan cililin hitam yaitu pada bulunya. Namun jika diperhatikan lebih teliti, tidak semua warna bulu akan sesuai.

Perubahan bulu bisa terjadi Ketika burung sedang stress, terkena penyakit, dan jika memiliki genetika yang berbeda.

Tidak hanya bulu, paruh cililin coklat cenderung lebih besar dibandingkan dengan cililin hitam.

Cililin coklat lebih sering ditemukan diluar pulau jawa. Biasanya ditempat – tempat tropis seperti pulau sumatera, Sumbawa, Kalimantan dan sedikit dijawa.

Banyak sekali jenis serangga dan ulat di hutan tropis. Sehingga habitat tersebut sangat cocok untuk semua jenis cililin.

Selain itu, cililin coklat memiliki suara yang cenderung lebih keras dan memiliki volume yang lebih tinggi  jika dibandingkan dengan suara cililin hitam.

Sepintas suara kedua jenis cililin ini hampir saja sama dari segi melengkingnya, rapat suaranya.

Namun jika diperhatikan lebih jelas, ada sedikit perbedaan dari keduanya yaitu dari segi volume. Cililin coklat cenderung memiliki suara yang lebih bertenaga dan sangat kencang.

Burung cililin hitam

crested jay
Photo By jalaksuren.net

Cililin hitam lebih banyak ditemukan dipulau jawa atau sekitarnya. Bahkan jarang sekali ditemukan cililin coklat dipulau jawa kecuali jika membelinya dari anak ( lolohan ).

Beda halnya dengan cililin coklat yang memiliki power saat berkicau. Sebenarnya cililin hitam juga hampir sama dalam masalah suara kasar, speed rapat atau yang lainnya.

Namun kebanyakan yang sering dijadikan peliharaan oleh para kicau mania adalah cililin coklat. Karena memiliki suara yang lebih power disbanding dengan cililin hitam yang cenderung lemah.

Sehingga burung cililin coklat lebih cocok dijadikan sebagai burung masteran atau bisa juga sebegai burung petarung.

Perawatan harian burung cililin

perawatan harian burung
Photo By sobatkicau.com

Tidak peduli jenis apapun burung cililin yang kamu miliki, selama burung itu mendapatkan perawatan yang baik maka burung apapun itu akan memiliki performa suara yang akan membanggakan pemiliknya.

Anda harus benar – benar memahami bahwa burung cililin merupakan jenis burung yang rawan stress.

Oleh karena itu kicau mania harus benar hati – hati dalam memelihara jenis burung ini .

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan harian untuk burung cililin :

  • Untuk burung yang sudah makan voer atau voer total, diusahakan agar jangan sampai membuat burung itu kekenyangan atau kelaparan. Jika terlalu kenyang maka burung akan malas untuk berkicau dan jika kelaparan maka burung akan mudah terserang penyakit.
  • Pemberian jangkrik bisa dilakukan pada pagi hari 8 ekor, sore hari 10 ekor dan untuk siang hari bisa diberikan 1 sendok teh kroto atau jiga tidak ada bisa diganti dengan jangkrik sebanyak 4 ekor.
  • Penjemuran tidak boleh terlalu lama. Cukup 10 sampai 15 menit dan bisa dilakukan 2 sampai 3 kali dalam 1 minggu.
  • Jangan lupa untuk memeriksa tempat minumnya. Jka cepuknya terlihat kotor, maka alangkah baiknya untuk langsung diganti karena akan berpengaruh terhadap kondisi kesehatannya.

Mungkin itulah beberapa informasi seputar burung cililin dari mulai habitat aslli, cara membedakan ciliin jantan dan betina, cara membedakan cililin coklat dan cililin hitam dan sepintas tentang bagaimana cara merawatnya.

mudah – mudahan artikel ini bisa bermanfaat untuk para pecinta burung.

jangan lupa untuk membagikan informasi dari dosendigital.com kepada teman – teman, saudara – saudara atau keluarga kalian.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *