Cara Membedakan Burung Jalak Bali (LENGKAP)

cara merawat burung jalak bali
photo by youtube.com

Bagi para pecinta burung di bali, bisa memiliki seekor burung jalak bali sangatlah istimewa. Karena tidak semua orang bisa memiliki atau mengoleksi burung ini.

Burung ini termasuk spesies endemic yang memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa ditemukan ditempat lain.

Dikarenakan keberadaannya yang terancam punah membuat burung ini semakin langka bahkan keberadaannyapun sangat dilindungi oleh pemerintah.

 

Burung jalak bali

 

burung jalak bali jantan
photo by masbrooo.com

Oleh warga lokal,  jalak bali ini dikenal dengan sebutan burung “curik“. Dipulau bali, burung ini bisa ditemukan dikawasan hutan Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Dihabitat aslinya jalak bali menyukai area yang bernuansa savana, padang rumput karena makanannya serangga terutama direrumputan seperti ulat, belalang, jangkrik dan rayap.

Burung jalak bali atau dalam bahasa latin dikenal dengan (leucopsar rothschildi) termasuk jenis burung kicau yang memiliki ukuran dengan panjang kurang lebih 25 cm.

Memiliki Bulu yang berwarna putih hampir diseluruh tubuh dengan sedikit warna hitam pada ujung ekor dan ujung sayapnya membuat burung ini tampak terlihat mempesona.

Ditambah lagi pada bagian pipi serta kelopak matanya yang berwarna biru cerah tanpa bulu serta pada bagian kakinya yang berwarna abu-abu membuat burung ini semakin dikagumi oleh para pecinta burung.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa lihat artikel dibawah ini.

 

Ciri-ciri burung jalak bali

Selain memiliki bentuk tubuh yang cantik, ternyata burung ini juga memiliki dikenal dengan kemampuan bersiulnya yang cukup dahsyat. Untuk mengenal lebih jauh, berikut adalah karakteristik burung jalak bali :

Bulu

Ciri yang paling terlihat dari burung ini yaitu terletak pada bagian tubuhnya yang didominasi dengan warna putih bersih dan sedikit warna hitam pada bagian ujung ekor serta ujung sayapnya yang menarik perhatian.

Mata

Ciri selanjutnya yang terdapat pada jalak bali yaitu pada bagian matanya. Burung jalak ini memiliki mata yang berwarna coklat. Lalu pada daerah sekita matanya terdapat bagian yang tidak berbulu dengan warna biru cerah yang membuatnya tampak khas.

Jambul

Baik pada jenis kelamin jantan atau kelamin betina, jalak bali memiliki beberapa helai bulu jambul yang indah.

Jambul tersebut biasanya berdiri tegak  dan biasanya terlihat jelas apalagi pada saat burung tersebut sedang berkicau. Namun terkadang jambul inipun sesekali diperlihatkannya meskipun sedang tidak berkicau.

Kaki

Jalak bali memiliki kaki yang sama seperti halnya burung jalak lain. Sepasang kaki yang kekar untuk berdiri tegap dan kuat mencengkram.

Kakinya berwarna abu-abu agak sedikit kebiruan dengan 4 jari jemari (1 jari menghadap kebelakang dan 3 jari menghadap kedepan)

Paruh

Jalak bali memiliki paruh yang runcing dengan panjang kurang lebih 2 – 5 cm dengan bentuk yang khas. Pada bagian atas  terdapat bagian yang meninggi dan memipih secara tegak. Paruhnya berwarna abu-abu kehitaman dengan ujung berwarna kecoklatan.

Ukuran

Burung jalak bali memiliki tubuh yang berukuran sedang dengan panjang kurang lebih 25 cm. burung jantan dan betina tentunya memiliki ukuran tubuh yang berbeda. Meskipun agak sulit untuk membedakan ukuran keduanya, namun secara umum jalak bali jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan memiliki kucir yang lebih panjang dibandingkan burung betina.

Telur

Ciri terakhir jalak bali yang terakhir ini tergolong unik. Burung ini memiliki telur yang berbentuk oval pada umumnya dengan rata-rata diameter antara 2 – 3 cm. yang membuat telur ini unik adalah warnanya yang berwarna hijau agak kebiru-biruan.

Keunikan-keunikan yang dimiliki burung ini membuat sebagian orang terpikat untuk memiliki atau membudidayakannya. Namun alangkah baiknya, sebelum kalian membeli atau mau belajar membudidayakannya, kalian harus tahu mana jalak bali jantan dan mana jalak bali betina.

Namun jika kalian ingin mengetahui perbedaan antara burung jalak jantan dan burung jalak betina, dosendigital akan memberikan sedikit penjelasan mengenai hal itu.

 

Cara membedakan burung jalak bali jantan dan betina

cara membedakan burung jalak bali jantan dan jalak bali betina
photo by burungjalak.blogspot.com

Jika dilihat secara sekilas, membedakan jalak bali jantan dan betina memang cukup sulit. Apalagi jika kalian masih tergolong awam dengan jalak bali. Karena jalak bali jantan dan betina memiliki bentuk fisik dan warna bulu yang serupa.

Supaya kalian ada sedikit gambaran mengenai perbedaan antara jalak bali jantan dan betina. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara jalak bali jantan dan betina dalam beberapa masa pertumbuhan :

Masa piyik (anakan)

piyik burung jalak bali
photo by jalaksuren.net

Untuk orang-orang tertentu atau yang sudah ahli dalam masalah burung,  sebenarnya membedakan jalak bali jantan dan jalak bali betina bisa dilakukan sejak burung tersebut masih kecil (piyik).

Jika kalian ingin membeli burung ini pada saat piyik atau masih dalam masa pelolohan, pada saat usia 1 – 3 minggu kalian bisa lihat dari cara mangap atau membuka mulutnya pada saat diloloh.

Biasanya burung jantan lebih angresif dan terlihat sangat lapar ketika kita hendak melolohnya. Sementara jalak bali betina cenderung lebih santai dan tidak terkesan kelaparan.

Jalak bali usia 1 bulan ke atas

Saat menginjak dewasa, ciri jantan dan betina bisa dilihat dengan mengamati fisik serta perilak burung tersebut dalam masa pertumbuhannya

Jika dilihat dari fisiknya, biasanya burung jantan memiliki tubuh yang lebih besar dibandingkan jalak bali betina.

Burung jantan terlihat lebih agresif dan cenderung lebih sombong dengan mematuk teman sekandangnya saat berebut makanan.

Jalak bali pada saat menginjak usia selanjutnya

Semakin dewasa ciri-ciri fisik burung ini semakin terlihat jelas. Jika dilihat secara keseluruhan, bulu lancur atau bulu yang tumbuh pada bagian kepala belakang secara jelas dapat membedakan jenis kelamin jalak bali.

Biasanya jalak bali jantan memiliki lancur yang lebih panjang sehingga membuat burung jalak jantan ini lebih terlihat sangar dibandingkan dengan yang jalak bali betina.

 

Kelebihan burung jalak bali

Burung ini mempunyai banyak kelebihan dan mempunyai daya tarik tersendiri sehingga membuat harganya menjadi mahal.

Adapun beberapa kelebihan yang dimiliki burung jalak bali yaitu warna serta bentuk tubuhnya yang menarik sehingga banyak orang lain yang menginginkannya.

Tidak hanya memiliki bentuk yang menarik, ternyata burung jalak ini memiliki suara yang juga merdu serta memiliki sidat periang sehingga burung tersebut bisa menari sambil berkicau.

Jika dilihat dari harganya, biasanya burung jalak bali dibanderol dengan harga 5 – 15 jutaan. Tergantung dari jenis dan juga kualitas burung tersebut.

 

Jadi itulah sekilas mengenai burung jalak bali, dan bagi kalian yang berniat untuk membeli jalak bali, pastikan untuk membeli jalak bali yang memiliki sertifikat legal.

Meskipun burung yang memiliki sertifikat terbilang mahal, namun tidak aka nada resiko dikemudian hari. Karena pembelian jalak bali secara illegal memiliki resiko penjara karna mereka termasuk hewan yang dilindungi.

 

°°°°°°

Mungkin itulah sekilas artikel mulai dari ciri-ciri, perbedaan jantan dan betina, sampai kelebihan burung jalak suren. Mudah-mudahan artikel dari dosendiigital.com bisa bermanfaat. Dan jangan lupa untuk membagikannya kepada rekan-rekan yang membutuhkan.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *