5 Jenis Burung Tledekan Berkualitas (Pecinta Burung Wajib Tahu)

Burung tledekan biasa disebut juga dengan burung sulingan atau sikatan. Burung ini merupakan jenis burung cyornis dari keluarga muscicapidae yang terkenal dengan keindahan bulu serta suaranya yang ngeroll.

Banyak orang yang menyebutkan bahwa burung ini merupakan burung imigran dari jepang, korea, rusia dan china. mereka bermigrasi karena didaerah asalnya sedang terjadi musim dingin. Burung ini mencari tempat yang lebih hangat seperti Negara Indonesia, Vietnam, Thailand dan kamboja.

Panjang tubuh burung ini berkisar antara 8 – 10 cm. habitat alami burung ini berada diarea hutan yang lebat dekat sungai-sungai yang mengalir disekitarnya. Burung sulingan menyukai ulat, capung, dan buah-buahan untuk dikonsumsi ketika berada dialam liar.

Jika dilihat dari jenisnya, burung ini bisa membuat para kicau mania jatuh cinta. Maka tak heran jika burung sulingan ini semakin diminati oleh para penggemar burung ocehan.

Ada beberapa jenis burung tledekan atau sulingan yang perlu diketahui oleh para kicau mania. Berikut ini adalah beberapa jenis burung sikatan dengan masing-masing cirinya :

Jenis-jenis burung tledekan

Tledekan gunung (cyornis banyumas)

Tledekan gunung (cyornis banyumas)
Photo By tipspetani.blogspot.com

Burung tledekan gunung atau dengan nama lain yaitu sikatan cacing merupakan jenis burung yang lebih mudah ditemukan disekitaran pulau Kalimantan dan juga pulau jawa.

Ciri khas dari burung ini adalah suaranya yang mendayu-dayu. Maka tak heran jika banyak dari kalangan pecinta burung yang menyukai burung jenis ini.

Disamping suaranya yang menarik, banyak sebagian dari pecinta burung yang menyukai burung ini dari warna bulunya yang indah dan menarik

Ciri-ciri burung tledekan gunung jantan :

  • Dari mulai kepala hingga punggung bagian atas sampai pada bagian ujung ekor berwarna biru tua.
  • Bagian paruh dan iris berwarna hitam.
  • Leher dan bagian dada berwarna kuning agak oranye.
  • Kedua kakinya berwarna abu-abu gelap.

Adapun untuk ciri-ciri betinanya yaitu tubuh bagian atasnya berwarna abu kekuningan dan agak lebih pucat.

Tledekan kembang

Tledekan kembang
Photo By omkicau.com

Burung ini disebut tledekan kembang karena bentuk tubuhnya yang imut serta warnanya yang cantik hampir menyerupai kembang.

Ukuran burung ini terbilang kecil dengan paruh dan ekor yang pendek. Tledekan kembang mempunyai ciri khas yaitu pada bagian tubuh atasnya didominasi warna hitam .

Sedangkan warna putih hanya dapat ditemukan pada bagian sayap dan pada bagian atas mata yang hampir menyerupai alis.

Jika anda tidak terlalu mengetahui jenis burung ini, nantinya anda bisa keliru dalam membedakan mana burung tledekan gunung dan mana burung decu. Karena keduanya hampir saja mirip.

Ciri-ciri burung tledekan kembang :

  • Bagian kepala, leher atas, sampai ekor berwarna hitam.
  • Pada bawah dagu hingga bagian perut didominasi warna oranye atau pastel.
  • Untuk bagian pantat hingga bawah ekor berwarna keputihan.
  • Terdapat sedikit garis putih pada bagian atas mata dan juga pada bagian sayap.
  • Pada saat bagian ekor mengemebang, terdapat guratan wana putih yang didominasi bulu berwarna hitam.

Tledekan laut (cyanoptila cyanomelana)

Tledekan laut (cyanoptila cyanomelana)
Photo By jalaksuren.net

Jenis tledekan laut yang satu ini tak kalah menariknya dengan tledekan lain. Burung ini biasa juga disebut dengan sulingan laut.

Burung ini hidup didaerah sekitar laut atau diarea hutan bakau oleh karena itu burung ini disebut burung tledekan laut.

Burung jenis ini bisa anda temukan didaerah sumatera, Kalimantan atau bahkan didaerah karimun jawa. Penggemar tledekan laut cukup banyak diindonesia.

Suara burung ini tidak terlalu istimewa. Namun cukup keras sehingga terdengar merdu. Ciri khas burung ini terlihat dari warna birunya yang indah.

Ciri-ciri burung tledekan laut :

  • Bagian kepala, punggung sampai berwarna biru tua.
  • Dari leher hingga dada atas serta bulu ujung sayap berwarna biru dongker agak kegelapan.
  • Dada bagian bawah cenderung putih.
  • Bagian kaki, paruh serta iris berwarna hitam

Adapun untuk ciri tledekan laut betina yaitu warna tubuhnya didominasi warna abu-abu dengan sedikit warna biru pada bagian sayapnya.

  1. Tledekean bakau (cyornis rufigastra)

Tledekean bakau (cyornis rufigastra)
Photo By burunggacor.com

Burung jenis tledekan bakau biasanya sering disebut dengan sikatan gunung Kalimantan. Sebutan tersebut bisa diartikan bahwa burung tersebut berasal dari Kalimantan.

Meskipun burung ini berasal dari Kalimantan, namun burung ini tetap bisa anda temukan didaerah karimun jawa, Sulawes dan sumatera.

Sekilas, burung tledekan bakau hampir mirip dengan tledekan guung. Tapi meskipun mirip, burung ini tetap memiliki perbedaan dari tledekan lainnya.

Ciri-ciri burung tledekan jantan :

  • Kepala bagian atas, pipi, punggung hingga ujung ekor berwarna biru gelap.
  • Dari pangkal paruh bawah hingga dada bagian bawah berwarna kuning jingga dengan membentuk huruf v
  • Paruh dan iris berwana hitam dan bulu sekitar mata berwana gelap.
  • Kaki berwarna ke abu-abua.

Adapun untuk betina, warnanya cenderung lebih pucat. Dan ada bagian tubuh atas berwarna gelap

  1. Burung tledekan selendang biru

 

burung tledekan selendang biru
Photo By jalaksuren.net

Sebenarnya burung jenis tledekan selendang biru terbagi menjadi 2 yaitu ninon dan sikatan biru muda. Namun kebanyakan orang Indonesia lebih menyukai tledekan selendang biru.

Untuk jenis burung yang 1 ini, kalian bisa menemukannya didaerah Kalimantan, sumatera, dan juga bahkan pulau jawa.

Nama burung tledekan biru itu sendiri diambil dari warna bulunya yang lebih banyak didominasi oleh warna biru pada bagian atas tubuhnya.

Ciri-ciri burung tledekan selendang biru jantan :

  • Bagian punggung atas hingga ujung ekor berwarna biru pekat.
  • Dari tenggorokan sampai bagian dada berwarna biru cerah.
  • Untuk dada bagian bawah berwarna abu-abu.
  • Paruh dan iris berwarna hitam.

Adapun untuk sulingan biru betinanya, warna tubuh bagian atasnya berwarna keabu-abuan dengan bagian ekor berwarna agak kemerah-merahan.

Burung tledekan ini adalah jenis burung petarung sama halnya dengan burung murai batu, burung kacer atau burung laiinya.

Sifat bertarungnya bisa muncul seiring bertambahnya usia, tingkat birahi dan yang paling penting adalah setingan makanannya.

Sebelum kita berbicara masalah tledekan petarung, alangkah baiknya kita harus mengetahui ciri-ciri burung tledekan yang baik dan benar untuk dijadikan burung petarung.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalamm memilih bahan atau bakalan burung tledekan.


Burung tledekan bisa membawakan lagu yang lebih variatif dibanding dengan burung lainnya. Sebab selain bisa dijadikan master burung, burung ini juga dapat dimaster sesuai dengan isian suara yang masuk padanya. Besetan dan rol panjang serta tembakan-tembakan yang dibawakannya sering kali membuat pemiliknya lebih fantastis–terkadang teriakan suporter sampai melebihi batas-saat mensuport burung ini berlaga.


Cara memilih burung tledekan berkualitas yang memiliki mental juara

cara memilih burung tledekan yang berkualitas
Photo By pinterest.com

 

  • Berjenis kelamin jantan. Tledekan jantan bisa dilihat dari warna bulunya yang lebih cerah dan memiliki warna yang kontras.
  • Bentuk paruh. Pilihlah tledekan yang memiliki paruh yang besar, tebal dan panjang seperti paruh bebek yang memiliki paruh bagian yang lurus. Lihatlah posisi lubang hidungnya. Utamakan memilih burung tledekan yang memiliki posisi lubang hidung yang dekat dengan matanya.
  • Memiliki rongga kepala yang besar, mata bulat dan melotot. Hal ini menandakan bahwa burung ini memiliki rasa percaya diri yang tinggi serta mental tempur yang baik.
  • Postur tubuh. Carilah tledekan yang memiliki postur tubuh tegap dengan leher yang kelihatan panjang serta memiliki badan, ekor serta kaki yang serasi.
  • Sayap yang rapat dan kaki yang mencengkram kuat. Itu menandakan bahwa burung tersebut dalam keadaan sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Gerakan yang lincah, agresif serta memiliki nafsu makan yang baik. Ini adalah cici-ciri burung yang memiliki rasa percaya diri yang baik.
  • Leher yang panjang dan berisi. Hal ini menunjukan bahwa burung tersebut akan mengeluarkan power suara yang maksimal.
  • Panjang ekor yang serasi dengan postur tubuh. Dengan ciri-ciri tersebut kemungkinan besar anda akan mendapatkan burung dengan gaya tarung yang nyengklek.

 

Mungkin itulah sebagian informasi mengenai bagaimana cara memilih burung tledekan yang baik dan benar yang dapat dosendigital.com berikan kepada para kicau mania.

Kami harap informasi diatas bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan untuk kemajuan kami kedepannya , jangan lupa untuk mengisi kolom komentar serta jangan lupa pula untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *