√ 7+ Cara Ampuh Menjinakan Kucing Menurut Para Ahli [Wajib Dicoba]

Bagaimana cara menjinakan kucing? Itulah sebuah pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh seseorang yang baru pertama kali mengadopsi kucing atau menemukan kucing liar yang galak dihalaman rumahnya.

Sebenarnya cara menjinakan kucing yang sebelumnya sudah ada yang mengadopsi itu mudah. Berbeda dengan menjinakan kucing liar atau kucing kampung yang sebelumnya belum pernah ada yang mengadopsi.

Apalagi jika kalian ingin menjinakan jenis-jenis kucing ras yang sudah terkenal seperti Persia, angora, Scottish fold, ragdoll, maine coon, Bengal atau jenis kucing yang lainnya.

Namun dibalik kemudahannya itu, ada beberapa hal yang juga perlu kalian perhatikan. Karena jika kalian salah cara, bukannya jinak, kucing tersebut malah kabur karena ketakutan.

Pada kesempatan kali ini dosendigital.com akan menjelaskan beberapa tips and trik mengenai bagaimana cara menjinakan kucing. Baik itu kucing liar, kucing hutan, kuccing ras, kucing kampung, atau bahkan kucing yang galak sekalipun :

Tingkatan dalam menjinakan kucing

cara-menjinakan-kucing-galak
photo by : vanityfair.com

Dalam menjinakan kucing, ada beberapa tingkat pengelompokan cara menjinakan kucing. yaitu sebagai berikut :

  1. Easy mode

Easy mode adalah tingkatan untuk menjinakan kucing yang paling mudah. Mode ini biasanya berlaku untuk kucing yang masih berumur 2 bulan atau bisa kurang dari 2 bulan atau bahkan berlaku juga untuk kucing yang dibuang dan tidak punya tempat tinggal.

  1. Normal mode

Jenis kucing yang masuk kedalam kategori mode normal adalah kucing yang masih berusia antara 2 – 5 bulan atau anak kucing yang lahir dijalanan dan ditinggalkan oleh induknya.

  1. Hard mode

Untuk menjinakan kucing yang termasuk kedalam kategori hard mode, kalian harus memiliki kesabaran serta taktik yang lebih jitu. Adapun jenis kucing yang termasuk kedalam kategori hard mode adalah kucing yang berusia diatas 5 bulan.

  1. God mode

God mode adalah mode penjinakan kucing yang membutuhkan extra kesabaran serta teknik yang benar-benar handal. Adapun kucing yang termasuk kedalam kategori god mode adalah kucing yang berusia diatas 1 tahun atau mempunyai pengalaman yang buruk bersama seoeorang sehingga membuat kucing tersebut trauma.

Oleh karena itu jika kita ingin menjinakan kucing yang memiliki pengalaman buruk bersama manusia, kalian harus membangun kedekatan dari awal agar mereka kembali percaya serta tidak takut lagi kepada manusia.

Cara menjinakan kucing

gambar-cara-menjinakan-kucing-persia
photo by : digg.com

Kenali karakter kucing

Sebelum melangkah jauh, alangkah baiknya kita mengetahui karakter kucing yang akan kita jinakan. Perlu kalian ketahui, beda jenis kucing beda juga cara menjinakannya. Karena karakter kucing Persia berdeda dengan karakter kucing kampung.

Untuk memahami karakter kucing kadang memang sulit. Pasalnya semua kucing berinteraksi melalui bau, suara, gera-gerik (gestur) tubuh. Dan terkadang mereka mencoba berkomunikasi dengan manusia dengan cara yang dilakukan kecing kepada sesamanya.

Tunggu saat yang tepat

Dalam menjinakan kucing, tentunya ada beberapa cara ampuh yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan menunggu waktu yang tepat disaat yang tepat.

Carilah waktu yang pas untuk mendekati si kucing. Tunggu sampai mereka benar-benar terlihat tenang dan tidak terlihat panic atau kaget dengan kedatangan kita.

Jika kucing sudah terlihat tenang, kalian bisa mendekatinya secara perlahan. Jaga ketenangan si kucing jangan sampai kedatangnan kalian membuat si kucing terlihat ketakutan atau stress.

Kenali bahasa tubuh kucing dari ekornya

Ada baiknya sebagai pecinta kucing, kalian harus mengerti cara berkomunikasi dengan kucing peliharaan kita melalui bahasa / isyarat yang biasa ditandai dengan gerak ekornya.

Ekor kucing bisa jadi indikator terbaik untuk memahami kondisi kucing. Oleh karena itu kalian harus mengetahui maksud dari gerakan-gerakan ekor kucing agar tidak salah paham.

gambar-isyarat-ekor-kucing
photo by : twitter.com
  • Ekor tegak lurus keatas

Hal ini menandakan bahwa si kucing sedang merasakan santai serta bahagia.

  • Ekor kucing berayun ke kanan dan ke kiri

Kucing sedang merasakan kenyamanan terhadap suatu objek seperti manusia, mainan atau bahkan kucing lainnya.

  • Ekor tiba-tiba tegak serta bulu mengembang

Ekor kucing seperti ini menandakan sebuah peringatan  untuk menyuruh mundur atau jangan mendekatinya.

  • Ujung ekor bergerak lebih cepat dari biasanya

Hal ini biasanya terjadi ketika kucing peliharaan kalian sedang terganggu dengan suatu objek seperti adanya kucing lain yang sedang mendekatinya.

  • Ujung ekor bergerak lambat

Sikap ini menandakan bahwa si kucing sedang fokus memperhatikan sesuatu yang sedang ia lihat.

  • Ekor mengembang serta masuk diantara kakinya

BIasanya ketika kucing tersebut ketakutan atau terkejut, si kucing suka memasukan ekornya diantara kakinya.

Sediakan makanan dan minuman

makanan dan minuman kucing
photo by : onlylaila.com

Cara ampuh  selanjutnya yang bisa membuat kucing kalian jinak adalah dengan cara memberikan makanan dan minuman kepada mereka.

Buat kucing tersebut supaya menggantungkan hidupnya kepada kalian. Dengan begitu, kucing kalian bisa lebih patuh dan tidak rewel.

 Pegang secara perlahan

cara-memegang-kucing-secara-perlahan
photo by : phys.org

Jika kucing tersebut sudah mempercayai kalian, kalian sudah bisa mulai untuk mendekati serta memegangnya. Hal tersebut terlihat saat kalian mulai mendekatinya.

Jika kucing tersebut terlihat biasa-biasa saja atau tenang, maka kemungkinan besar, kucing tersebut sudah mulai jinak.

Oleh karena itu pegang mereka secara perlahan jangan sampai mereka ketakutan dengan kedatangan kalian.

“jika seekor kucing sudah jinak, maka jadikanlah mereka sebagai teman dan perlakukanlah mereka dengan baik. Karena pada hakekatnya setiap makhluk hidup mempunyai perasaan yang sama seperti manusia”

Perlakukan dengan lembut

Memperlakukan kucing dengan lembut adalah cara ampuh yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan hati si kucing.

Hal ini bisa kalian terapkan untuk menjinakan kucing hutan, kucing Persia, kucing liar, atau bahkan kucing yang galak sekalipun.

Sering menyentuh kucing

cara-memperlakukan-kucing-dengan-lembut
photo by : time.com

Ketika kucing tersebut sudah mulai kenal dengan kalian, langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mendekatinya.

Dekati kucing kalian dengan cara sering menyentuhnya atau mengusapnya. Usaplah mereka ketika sedang makan atau ketika dalam keadaan santai.

Ajak atau beri kucing mainan

jenis-jenis-mainan-kucing
photo by : planetakartinok.net

Cara yang satu ini bisa membuat kucing kalian merasa nyaman juga bisa membuat kucing kalian lebih akrab.

Jika kucing kita sudah akrab, maka sedikit demi sedikit kucing tersebut akan menghilangkan sifat agresifnya.

Karena sebenarnya sifat agresif itu dipicu oleh sikap kucing yang was-was atau rasa takut yang dibuat oleh lingkungan atau orang-orang yang berada dilingkungannya.

Sering menggendong kucing

cara-menggendong-kucing
photo by : blog.sawanetwork.org

Jika kucing kalian sudah biasa disentuh atau sudah biasa diajakmain, alangkah baiknya jika kalian juga menggendong mereka dengan tujuan supaya mereka merasal ebih dianggap.

Ciri-ciri kucing yang sudah nyaman saat digendong atau disendtuh ialah suka mengeluarkan bunyi krrr…krrr…krrr… atau memejamkan serta membuka mata mereka seperti oranng ngantuk.

Tingkatkan kepercayaan diri kucing

gambar-kucing-lucu
photo by : pinterest.com

Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam menjinakan kucing. Cara meningkatkan kepercayaan diri kucing yaitu dengan cara tidak membentak atau berbuat kasar kepada kucing.

Manjakan kucing dengan cara membelainya atau mengusap perut, rahang dan bulu mereka. Cara ini sangat efekttif untuk meningkatkan kepercayaan diri kucing.

Berikan kandang yang nyaman

kandang-kucing-rumahan-lucu
photo by : homecrux.com

Berilah kucing baru kalian tempat yang nyaman menurut mereka. Karena jika mereka sudah memiliki tempat yang dianggapnya sudah nyaman, mereka akan terus  menempati tempat tersebut untuk beristirahat dan bersantai.

Sedikit catatan untuk kalian, jangan pernah mencampurkan kucing yang sudah jinak dengan kucing liar dalam satu kandang. hal ini bisa membuat keduanya malah saling berkelahi.

Jangan langsung memandikannya

cara-memandikan-kucing-yang -baik-dan-benar
photo by : arlinafitriyani.blogspot.com

Pada dasarnya, kucing adalah hewan yang takut terhadap air. Kecuali jika kalian memeliharanya dari kecil dan sering memandikannya.

Ketika kalian memiliki kucing yang baru jinak, jangan langsung memandikan. Hal ini menjaga agar kucing tidak merasa terancam dan ketakutan.

Salah satu tahap supaya kucing baru kalian terbiasa mandi ialah membersihkannya dengan cara mengelap tubuhnya menggunakan lap atau handuk yang telah dibasahi oleh air hangat.

Setelah kalian mengelap tubuhnya, kalian bisa mengeringkannya menggunakan handuk yang kering. Lama-kelamaan kucing kalian akan terbiasa dengan lingkungan serta kebiasaan perawatan yang biasa kalian lakukan terhadap mereka.

Memanfaatkan momen

memanfaatkan-momen-bersama-kucing
photo by : travel.detik.com

Sebagai pecinta kucing (catlovers), kita harus bisa memanfaatkan momen yang bisa membuat si kucing merasa beruntung.

beberapa hal yang bisa menguntungkan si kucing antara lain mengobatinya ketika sakit,  menolongnya saat kecelakaan, memberi makanan yang lezat kepada si kucing, mengajaknya bermain, dan masih banyak hal lainnya.

Ketika kalian bisa memanfaatkan momen-momen seperti diatas, si kucing akan selalu mengingatnya. Sehingga lama kelamaan kucing kalian akan semakin jinak dan akan semakin menyayangi kalian.

Memberikan hadiah untuk si kucing

Sesekali berilah kucing anda hadiah yang berguna bagi kesehariannya. hal itu bertujuan supaya kucing anda lebih menuruti apa yang anda perintahkan.

Hadiah yang dimaksud disini bisa berupa mainan, makanan kesukaannya atau bisa juga belaian kasih sayang dari sang pemilik.

Hal tersebut akan membuat si kucing semakin nyaman dan merasa dirinya sangat berarti bagi  kehidupan anda. Sehingga saat ia tumbuh besar akan selalu jinak dan tidak akan berbuat ulah diluar perkiraan anda.

Membebaskan kucing agar mengenal lingkungan baru

Setelah kucing baru kalian sudah mulai percaya kepada kalian, maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membebaskannya mengenal lingkungan sekitar.

Kalian bisa membiarkan mereka bermain dengan kuccing lain, bermain ditempat yang bebas serta berjalan-jalan ditempat yang luas. Karena jika seekor kucing terlalu sering dibiarkan sendirian didalam kandang, hal ini bisa membuat mereka stress karena kesepian. Maka dari itu, sesekali kalian bisa memberinya ruang bebas untuk bermain serta berinteraksi dengan lingkungan yang luas.

Jangan Membentak kucing

kucing-ketakutan
photo by : yonasukmalara.wordpress.com

Seberapa kesalnya kalian terhadap kucing peliharaan, usahakan untuk tidak pernah membentak mereka. Sama halnya seperti manusia, kucing juga memiliki traumatik terhadap kejadian yang membuat mereka takut bahkan stress.

Hukuman atau teriakan yang biasa kalian lakukan terhadap kucing kalian hanya akn membuat kucing tersebut ketakkutan atau bahkan bisa sampai depresi. Mereka mungkin tak akan lagi merasakan kenyamanan berada dirumah.

Karena sesering apapun kalian menghukum kucing, merka tidak akan pernah tau alasan kenapa mereka dihukum, mereka akan terus mengulangi kesalahannya.

Mereka bisa memiliki kepribadian baik jika dilatih untuk memahami hal yang diperbolehkan atau dilarang. Jika mereka melanggar lagi, latih kembali untuk melakukan yang benar. Bukan malah menghukumnya.

***

Bagaimana mudah bukan? cara menjinakan kucing diatas bisa kalian terapkan terhadap kucing-kucing kalian yang belum jinak.

Demikianlah beberapa tahap cara menjinakan kucing menurut dosendigital.com. Cara diatas bisa diterapkan untuk berbagai jenis kucing, baik itu kucing galak, kuving hutan, persia, anggora atau bahkan jenis kucing lainnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *