Cara Merawat Kucing

Cara Merawat Kucing – Sepintas kucing memang tampak seperti hewan yang mandiri. Namun, ternyata kucing juga tetap membutuhkan perawatan yang baik agar kucing tetap sehat. dan pastikan anda tahu bagaimana cara merawat kucing  yang baik benar.

Kucing bisa dipelihara dalam kandang atau diluar kandang. Baik kucing yang ada dikandang maupun diluar kandang, sebaiknya CatLovers tetap memperhatikan kebersihan serta kesehatannya agar kucing tetap berada dalam keadaan bersih dan sehat.

Bagaimana caranya?? Berikut adalah beberapa tips perawatan kucing kesayangan yang wajib CatLovers ketahui!!

Perawatan secara teratur

Cara Merawat Kucing
by pixabay

Perawatan yang optimal berdasarkan pengalaman para CatLovers dibagi menjadi 3 bagian yaitu harian, mingguan dan tahunan.

a. Harian

Perawatan harian kucing adalah sebuah kegiatan sederhana yang harus dilakukan secara teratur. Karena kegiatan ini sangat berperan demi menjaga kesehatan kucing tersebut.

Jika segala kegiatan ini di lakukan dengan baik kepada kucing saat mereka berumur masih muda, maka otomatis kucing tersebut akan terbiasa dengan perawatan harian yang biasa dilakukan.

Berikut ini adalah perawatan harian yang harus anda lakukan :

  • Memberi makan dan minum

by pixabay

Memberikan makan dan minum pada kucing merupakan kewajiban catlovers, karena makanan & minuman tersebut dapat menambah daya tahan tubuh mereka tetap prima. tentunya ini baik bagi kesehatan kucing tersebut.

Berilah makanan & minuman yang bergizi dan sehat serta dapat mencukupi kebutuhan tubuh kucing anda.

Kucing adalah karnivora (pemakan daging) murni, pastikan makanan yang anda beli mengandung protein dan lemak omega 3 dan 6 yang tinggi, yang penting bahan makanan yang diberikan berasal dari daging hewan seperti daging  sapi, daging ayam ataupun daging ikan.

Oleh karena itu, jangan memberikan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. karena makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik dalam pencernaan kucing.

Tidak sedikit kucing yang diberikan makan berupa sayuran dan nasi. padahal kedua makanan tesebut akan membuat kotoran si kucing lebih bau dibandingkan dengan kucing yang memakan daging.

  • Menyisir bulu kucing

by blibli

Kucing yang dipelihara tanpa kandang tentunya sangat aktif berkeliaran sehingga harus dijaga kebersihannya secara rutin, atau yang disebut juga dengan grooming.

Bila bulu kucing panjang, PetLovers bisa menggunakan pin brush untuk menyisir bulunya. Sedangkan, bila bulu kucing pedek, gunakan slicker brush yang pipih untuk menyisirnya.

Untuk anak kucing yang masih kecil dan rentan, gunakan sisir berukuran mini yang bergigi lembut. Menyisir bulu kucing sangat penting untuk mengangkat bulu-bulu yang sudah mati, membersihkan kutu, menghilangkan jamur pada bulu kucing, gumpalan, dan juga dapat melancarkan aliran darah pada tubuh kucing.

  • Litter box

by epetblog

Kucing adalah salah satu hewan yang menyukai kebersihan, oleh karena itu sediakanlah tempat atau wadah yang yang berfungsi untuk kucing membuang kotorannya. gunakan bak atau wadah yang terbuat dari plastik supaya bisa lebih mudah untuk dicuci, lalu isi wadah tersebut dengan pasir khusus yang di sediakan di toko hewan contohnya pasir gumpal dan zeolite.

Banyak litterbox berbahan plastik yang memiliki bau menyengat sehingga banyak kucing yang tidak mau poop di litterbox yang telah disediakan karena bau kimia plastik terlalu menyengat untuk mereka. Oleh karena itu pilihlah litterbox yang tidak memiliki bau yang terlalu menyengat sehingga kucing kita bisa menyesuaikan.

Usahakan dalam 2x sehari kita mengganti pasir yang berada dalam litterbox. karna jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan bau yang tak sedap pada area tempat litterbox.

b. Mingguan

Setelah perawatan harian kucing anda terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan perawatan mingguan. yang harus kalian perhatikan dalam perawatan mingguan kucing adalah kebersihan bulunya. karna dalam waktu satu minggu sekali, kucing anda harus dimandikan maximal 2 kali /minggu.

Selain mengurangi kerontokan bulu, memandikan kucing secara rutin dapat membersihkannya dari kutu-kutu kucing yang bisa membuat kenyamanan bahkan kesehatan kucing menjadi terganggu.

Tidak hanya kucing, bahkan manusiapun bisa terganggu dengan kutu yang ada pada tubuh kucing, tidak sedikit orang-orang yang menderita penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu kucing.

Oleh karna itu, kita sebagai pemiliknya harus benar-benar memperhatikan kebersihan bulu kucing dengan cara memandikannya secara rutin maximal 2 kali /minggu.

Adapun cara memandikan kucing yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

perhatian!!!

Tips ini hanya berlaku pada kucing yang sudah berumur lebih dari 3 bulan. Tidak dianjurkan untuk kucing yang masih dibawah umur 3 bulan. Dan alangkah baiknya, kucing yang sedang menyusui tidak boleh dimandikan terlebih dahulu sampai anak kucing lepas menyusui. 

Kucing yang yang sedang menyusui sangat rentan terhadap penyakit. adapun jika induk kucing terlihat kotor, maka cukup dengan menyikat atau menyisir bulu si induk sampai bersih.

  • Pilih Waktu yang Tepat

by pixabay

Kucing biasanya dimandikan 4 hari sekali atau 7  hari sekali. Pastikan anda tidak memandikan kucing tengah hari atau menjelang magrib.

Kalo bisa sebelum dimandikan, perut kucing tidak dalam keadaan kosong.  Karena jika kucing dimandikan dalam keadaan perut kosong bisa membuat kucing sakit.

Usahakan sebisa mungkin kita memandikan kucing pada pagi hari. karna setelah dimandikan kita bisa menjemur kucing. karena sinar matahari pada pagi hari sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan si kucing.

  • Potong Kuku Kucing Terlebih Dahulu

by wikihow

Meskipun kucingmu tergolong hewan yang tidak agresif, akan tetapi yang namanya hewan kalo dimandikan terkadang suka stress dan akan mencakar pemiliknya meskipun tiak sengaja.

Jika kucingmu tiak suka dipotong kukunya, lakukanlah dari jauh-jauh hari sebelum kucing dimandikan agar suasana hati si kucing tidak terganggu dan tidak stress saat nanti dimandikan.

  • Mandikan dengan Air Hangat

by pixabay

Kenapa harus air hangat?? apakah boleh memandikan kucing denga air dingin??

Kucing termasuk hewan yang sensitif terhadap air. Terutama terhadap air dingin. Oleh sebab itu kita harus memandikannya dengan menggunakan air hangat supaya si kucing tidak berontak saat dimandikan.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam memandikan kucing yaitu siapkan air hangat diember atau wastafel dengan ketinggian air 10-15 cm. karena jika terlalu dekat bisa membuat kucing menjadi shock atau kaget.

Suhu air yang baik untuk memandikan kucing yaitu tidak terlalu panas dan tidak juga terlalu dingin.

Jika air sudah siap, basuh semua tubuh kucing secara perlahan dan merata. Usahakan jangan sampai ada air yang masuk kedalam telinga si kucing.

Adapun untuk membersihkan telinga kucing bisa menggunakan Cottonbud yang berbahan dasar lembut supaya si kucing tenang karena tidak dapat mendengar suara berisik disekitarnya.

Untuk mencegah air yang masuk kedalam telinga sikucing, catlovers bisa menggunakan kapas yang berbahan lembut.

Jika catlovers kepala si kucing, maka cukup dengan membasahi kepala bagian atas dan belakang lehernya saja. Untuk kebersihan wajahnya, catlovers bisa menggunakan kain basah kemudian diusapkan secara perlahan kepada wajahnya.

  • Memandikan Kucing dengan Shampoo Khusus

by bukalapak

Setelah tubuh si kucing basah, catlovers bisa menggunakan shampo khusus untuk kucing. Ingat!!! jangan memberikan shampo yang asal-asalan. karena bisa membuat kulit kucing iritasi atau bahkan bisa menyebabkan bulu kucing rontok.

Agar si kucing tidak kaget saat dimandikan, usahakan untuk tidak membasahi bagian kepala si kucing.

  • Membilas serta mengeringkan tubuh kucing

by blogkucingpersia

Apabila kucing selesai dimandikan, jangan lupa untuk memblasnya, agar shampo dna kotoran yang ada pada tubuh kucing bersih.

Bilaslah menggunakan air hangat dengan lembut. Bisa juga menggunakan shower supaya kucing tidak merasa panik.

Untuk bagian kepala sikucing, gunakan lap secara perlahan. Apabila kucing merasa tidak nyaman atau bahkan terlihat ketakutan, maka jangan dipaksakan.

 

Ada beberapa cara untuk mengeringkan kucing yang pertama keringkan tubuh kucing dengan handuk. Pertama-tama selimuti kucing dengan handuk lalu gosok perlahan seperti memijat. Bila handuk sudah terlalu basah kita perlu mengganti handuk yang kering sampai bulu kucing benar benar kering.

Cara untuk mengeringkan kucing yang kedua menggunakan mesin pengerung rambut, namun tetap disarankan untuk melakukan pengeringan dengan handuk sebelum menggunakan pengering, dan jika ingin menggunakan pengering rambut kita harus yakin terlebih dahulu kalau kucing tidak akan panik karena suara dari pengering rambut tersebut.

Cara untuk mengeringkan yang ketiga bentuk tangan menyerupai huruf U letakkan di atas pundak si kucing lalu berikan tekanan lembut dengan melakukan gerakan menarik dari pundak ke pinggang

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *