Kumpulan Cerita Inspiratif yang Bisa Memotivasi Hidupmu

Selama manusia masih ada di dunia ini, akan selalu ada caerita isnpiratif yang bisa dijadiian pelajaran oleh kita semua.  Nasihat yang selalu tersirat di setiap cerita inspiratif dapat kita jadikan sebagai pegangan hidup supaya kita bisa memperbaiki diri ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Segala sesuatu yang terjadi di dunia ini adalah atas kehendak Allah Sang Maha Kuasa, baik yang ada di langit ataupun yang ada dibumi, yang nyata ataupun yang ghaib itu semua sudah diatur oleh Sang Maha Kuasa.

Dari sekian banyak cerita perjalanan hidup yang kita temui, alangkah baiknya jika kita bisa mengambil pelajaran dari semua itu, dan berikut ini adalah beberapa kisah yang bisa kita ambil pelajarannya.

Cerita Inspiratif Tentang Kejujuran

Kisah ini berawal dari beberapa sahabat Nabi SAW. yang bernama Kaab bin Malik beserta dua sahabat lainnya. Pada suatu hari, Kaab bin Malik absen dari perang karena keterlambatannya saat hendak menyiapkan perbekalan untuk perang.

Ia merasa sangat sedih karena mengetahui bahwa orang-orang yang absen dari peperangan termasuk kedalam golongan orang-orang munafik dan akan mendapatkan dosa besar.

Sempat terpikir oleh Kaab bin Malik untuk berbohong, Namun ia urungkan niatnya dan memutuskan untuk menceritakkan apa yang sebenarnya terjadi. Rosulullah SAW menerimanya, dan Kaab pun menerima konsekuensi sesuai perbuatannya.

Pada hari ke-50 dari hukumannya, kaab mengadukan semua permasalahannya kepada Allah SWT seusai shalat sebelum fajar. Akhirnya Rosulullah SAW pun memanggilnya dan memberi tahu bahwa Allah SWT telah mengampuni kesalahan Kaab dan kedua sahabat lainnya.

Kejadian tersebut telah diabadikan dalam QS At-Taubat ayat 117-119. Kejujuran memang akan selalu berbuah manis, meski pada awalnya mereka harus menerima konsekuensi.

Kisah Inspiratif yang Penuh Hikmah

Cerita inspiratif ini diambil dari sebuah keluarga yang memiliki 3 orang anak. Pada saat si anak sulung masih menginjak bangkuk SMP, ia sempat bertengkar dengan Ayahnya lantaran berbeda pendapat mengenai kehadiran anggota keluarga baru.

Dua karakter yang memang memiliki watak yang keras. Mereka sama-sama memegang teguh pendiriannya. Si Anak  Sulung yang sama sekali tidak menginginkan kehadiran anggota baru, sedankan si Ayah masih dengan penjelasannya mengenai keuntungan datangnya anggota keluarga baru.

Hingga pada akhirnya argumen Sang Ayah kalah dengan dengan argumen si Anak Sulung. Umur Sang Ibu yang menjadi alasan argumen si Anak Sulung ini menang.

Seiring berjalannya waktu, hingga pada suatu masa si Anak Sulung untuk melanjutkan pendidikannya dibangku kuliah, di Surabaya.

Menjelang ujian akhir semester 1, suatu hal yang dirahasiakan keluarganyapun kini terungkap juga. Usia kandungan Sang Ibupun telah menginjak 4 bulan. Sekeras apapun usaha, janin ini tetap tidak bisa digugurkan.

Entah setan apa yang merasuki Anak Sulung ini, ia sangat membenci adiknya yang baru lahir tersebut. iapun bersikap bodoh telah bersikap adil kepada bayi yang telah berdosa.

Hingga pada suatu malam, si Anak Sulung ini memanjatkan doa kepada Allah SWT. Ia memohon “Jika adik barunya itu baik untuknya, maka hilangkanlah rasa benci yang ada pada dirinya.

Singkat cerita, Allah SWT pun mengabulkan doanya, menghilangkan rasa bencinya dengan cara memberikan penyakit jantung kepad adik kecilnya.Berbagai usaha telah dilakukan demi kesembuhan si kecil. singkat cerita, dua tahun kemudian hasil rontgen dokter menunjukan bahwa si adik telah sembuh.

dari kisah ini kita belajar bahwa apapun keinginan kita, mintalah kepada Allah Sang Maha Kuasa, dan apapun yang terjadi itu agar manusia belajar sesuatu.

*****

Untuk konten-konten islami lainya, kalian bisa mengunjungi websitenya  majelis azzikra Terimakasih karena telah membaca artikel di webisite kami, salam hangat dari dosendigital.com

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *