√ 15+ Ciri-ciri Kucing Hamil dan Akan Melahirkan Menurut Para Ahli

Ciri-ciri kucing hamil – Apabila kalian berniat mengembangbiakan kucing peliharaan, kalian  perlu mengetahui ciri-ciri kucing hamil supaya kalian bisa mempersiapkan segalanya.

Mengenali tanda kehamilan pada kucing itu sangat penting karena bisa membantu mempersiapkan kelahiran bayi kucing seperti menambah asupan multivitamin serta menyiapkan tempat untuk melahirkannya nanti. Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan karena kucing peliharaan kita akan bertambah banyak.

Meskipun bisa dibilang usia dini, biasanya kucing betina hamil pada usia 4 bulan. Namun sebenarnya uisa ideal untuk kucing betina yang hamil adalah pada usia 12 bulan atau 1 tahun. Berikut ini adalah ciri-ciri kucing yang sedang hamil.

Ciri-ciri kucing hamil dari segi perilaku :

perilaku-kucing-hamil
photo by : meoowzresq.org

Salah satu cara melihat kucing yang sedang hamil adalah dengan memperhatikan  perilaku si kucing yang berubah secara tiba-tiba. Sebelum pada perubahan fisik yang terlihat, kalian bisa mengidentifikasi kehamilan si kucing lewat perilakunya.

Berikut ini adalah perilaku kucing yang biasa terjadi ketika mereka hamil :

  1. Kucing menjadi sering tidur

gambar-kucing-sedang-tidur
photo by : hellosehat.com

Kucing yang sedang hamil cenderung lebih sering tidur, namun nafsu makannya cenderung meningkat. Alasan kucing ini sering tidur bukan karena mereka sakit. Melainkan menurut sebagian dokter hewan, kucing ini akan mempersiapkan tenaga untuk melahirkan dengan cara sering tidur.

  1. Muntah

kucing-hamil-muntah
photo by : stockgoods.info

Hampir sama seperti manusia, kucing yang hamilpun akan mengalami muntah-muntah pada awal kehamilannya. Namun perlu kalian ketahui kucing yang hamil pada awalnya akan muntah-muntah. Tapi tidak semua kucing mengalami hal tersebut.

Alangkah baiknya jika kucing kita terlihat muntah-muntah itu harus segera dibawa ke dokter untuk memastikan apakah kucing kita bener-bener hamil atau hanya sakit biasa.

  1. Siklus birahi yang berhenti tiba-tiba

kucing-hamil-berhenti-birahi
photo by : maternofetal.net

Rata-rata, kebanyakan siklus kucing birahi adalah 1 – 1,2 bulan dan waktu birahi akan berlangsung dalam 7 hari atau 1 minggu. Jika dalam waktu birahi tersebut kucing tidak minta kawin, maka ototmatis siklus birahi kucing sedang berhenti. Hal tersebut bisa disimpulkan bahwa kucing tersebut sedang hamil usia 1 minggu atau sedang hamil baru-baru ini.

  1. Manja dan lebih lembut

kucing-hamil-manja
photo by : medium.com

Ciri-ciri kucing hamil selanjutnya adalah perilakunya yang berubah menjadi lebih lembut dan lebih manja dari biasanya. Kadang sebagian dari mereka ada yang terlihat gelisah dan selalu menyendiri.

Biasanya si kucing tiba-tiba datang dan akan mengelilingi si pemiliknya, kadang mereka suka dielus-elus dengan lembut. Perlakukanlah kucing kalian dengan lembut saat mereka sedang hamil.

  1. Mencari-cari tempat melahirkan

kucing-hamil-mencari-tempat-sepi
photo by : inovasee.com

Nah kalo ciri yang berikut ini adalah kucing yang sedang hamil tua. Biasanya kalau  kucing kalian akan melahirkan, biasanya kucing kalian akan berkeliaran kesana kemari mencari tempat yang aman untuk melahirkan. Biasanya kucing akan mencari tempat yang sunyi sepi yang dan biasanya mereka akan membawa alat-alat yang bisa membuatnya hangat.

  1. Sensitive terhadap kucing lain

kucing-hamil-sensitif
photo by : google.com

Ibu kucing akan terlihat lebih sensitive dari biasanya karena mereka akan menjaga calon anaknya.

  1. Mengeong terus menerus

kucing-hamil-mengeong
photo by : twitter.com

Biasanya kucing akan terus mengeong-ngeong beberapa jam sebelum melahirkan. Jika kalian menemukan kondisi seperti ini, kalian harus segera mempersiapkan tempat untuk melahirkan sikucing.

Ciri-ciri kucing hamil dari segi fisik

Dari segi fisik, kucing akan menunjukkan beberapa perubahan yang cukup signifikan. Jika kita sering memperhatikannya secara rutin, pasti dengan mudah kita akan mengetahui ciri-cirinya.

Berikut ini perubahan fisik pada kucing hamil :

  1. Bulunya mudah rontok

bulu-kucing-rontok
photo by : serendipityblog.net

Bulu kucing betina yang rontok biasanya disebabkan karena kucing mengalami kehamilan yang menimbulkan diproduksi hormone tertentu dalam tubuh kucing betina.

Biasanya bulu didaerah sekitar puting susu si kucing akan menipis karena rontok. Hal ini terjadi karena si induk mempersiapkan anaknya agar tidak susah menyusu.

Kucing betina yang sedang hamil akan mengalami kerontokan pada bulunya. Ketika kalian perhatikan, bulu kucing akan terlihat lebih tipis dari biasanya.

  1. Keluar air susu

Ciri-ciri kucing hamil yang satu ini bisa memprediksi waktu kelahiran kucing kesayangan kita. Ketika kucing sudah mengeluarkan air susu diperkirakan kehamilannya hanya tinggal kurang lebih 2 – 3 minggu lagi.

Cara melihat puting susu kucing apakah sudah mengeluarkan air susu atau belum adalah dengan cara memencet putingnya secara lembut.

  1. Punggung kucing terlihat melengkung

Ketika kalian mengamati kucing betina yang sedang hamil, kalian bisa melihat punggung kuccing yang terlihat agak melengkung. Berbeda jelas dengan kucing yang tidak hamil. Biasanya kucing yang tidak hamil memiliki punggung yang rata. Semakin besar perut si induk kucing, maka akan semakin jelas punggung kucing yang terlihat melengkung.

  1. Perutnya membulat

perut-kucing-hamil-besar
photo by : arenahewan.com

Jika perut kucing kalian terlihat membesar atau mengembung, kemungkinan besar kucing kalian sedang hamil. Perlu diperhatikan jika perut kucing kalian terlihat mengembung, kalian harus memperlakukannya dengan cara yang lembut. Jika perut kucing terbentur atau tertekan terlalu keras, maka bisa saja menimbulkan resiko keguguran pada kucing.

 

Waktu kucing hamil

Bagi kalian yag baru pertama kali memiliki kucing dengan kondisi hamil mungkin akan sering bertanya-tanya berapa lama waktu kucing hamil,

Namun rata-rata kucing betina mempunyai masa kehamilan sektar 65 hari atau sekitar 2 – 2,5 bulanan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi masa kehamilan si kucing seperti kesehatan serta jenis kucing itu sendiri. Selain itu banyaknya Janin yang berada dalam kandungan juga berpengaruh.

Perlu kalian ketahui, paling sedikit kucing akan mengandung 1 janin dan paling banyak 13 janin. Namun rata-rata kucing betina yang hamil akan melahirkan 4 – 6 kucing.

Makanan kucing hamil

gambar-makanan-kucing-hamil
photo by : myupdatesstudio.com

Pertanyaan yang selanjutnya adalah apa makanan untuk kucing hamil. Tentunya kita bisa memilih serta memberikan makanan yang terbaik untuk kucing kesayangan kita.

Lebih baik lagi jika kalian memberikan makanan yang sudah mempunyai merk. Karena kualitasnya sudah terbukti. Dengan begitu, kandungan gizi yang terdapat didalam merk makanan lebih baik dibandingkan dengan makanan yang biasa.

Sesekali kalian bisa memberikan suplemen kalsium untuk memperkaya produksi air susu si induk kucing. Karena semakin banyak air susu yang dihasilkan, semakin sehat juga anak kucingnya.

Tanda-tanda kucing  melahirkan

Pada dasarnya, kucing bisa melahirkan secara mandiri tanpa bantuan manusia, karena kebanyakan induk kucing yang akan melahirkan, mereka akan merasa terganggu dengan kehadiran manusia.

Tetapi, kerkadang masih tetap saja ada gangguan atau kesulitan yang mungkin dirasakan oleh induk kucing yang akan melahirkan. Gangguan tersebut mungkin bisa mengakibatkan calon anak kucing yang dilahirkan menjadi cacat bahkan mati.

Oleh karena itu, kalian harus mengetahui tanda-tanda atau ciri-ciri kucing yang akan melahirkan. Supaya kallian tidak kehilangan calon-calon kucing baru dirumah kalian.

Berikut ini ciri-ciri kucing yang akan melahirkan :

1. Mencari tempat yang sepi

kucing-hamil-mencari-tempat-sepi
photo by : inovasee.com

Jika kucing kalian terlihat aneh dengan menunjukan gelagat kesana-kemari menjelajahi isi rumah dalam keadaan hamil besar, biasanya sebentar lagi kucing kalian akan segera melahirkan.

Biasanya kucing yang akan melahirkan akan mencari tempat yang nyaman, hangat dan sepi dari gangguan manusia atau hewan jahat lainnya. Oleh karena itu kebanyakan kucing melahirkan ditempat yang susah dijangkau manusia seperti gudang, lemari pakaian, dan tempat sepi lainnya.

Jika kalian melihat kucing dengan kondisi tersebut, alangkah baiknya jika kalian segera menyiapkan tampat yang nyaman untuk tempat lahiran supaya si kucing bisa melahirkan ditempat yang masih bisa dijangkau oleh pemiliknya.

2. Memperbanyak tidur

gambar-kucing-sedang-tidur
photo by : hellosehat.com

Kalian tidak perlu khawatir jika melihat kucing dalam kondisi hamil sering tidur dalam seharian. Hal ini menunjukan bahwa kucing kalian akan segera melahirkan.

Lalu kenapa kucing hamil bisa tidur selama itu? Biasanya, calon induk kucing yang sedang hamil tua akan mempersiapkan fisik dan staminanya dengan cara memperbanyak tidur.

3. Air ketuban pecah

Sama halnya seperti manusia, sebagai mamalia, kucing yang sedang hamil juga mempunyai air ketuban didalam kandungannya. Induk kucing akan mengalami air ketuban yang pecah sama halnya seperti manusia.

***

Mungkin itulah sedikit pembahasan tentang ciri-ciri kucing hamil yang sudah kamu baca. Semoga artikel dari dosendigital diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikannya kepada para pecinita kucing lainnya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *