√ 7+ Jenis Logo yang Wajib Diketahui Oleh Para Designer Profesional

Jenis logo – Secara garis besarnya, logo adalah bentuk yang mempunyai arti filosofi terrsendiri untuk mempresentasikan sebuah perusahaan, bisnis, organisasi, startup, atau bahkan untuk individu. Dengan kata lain logo mewakilli filosofi, ciri khas dan keunikan dari sebuah perusahaan ataupun yang lainnya.

Jika perusahaan anda berencana untuk membuat sebuah logo, mungkin anda akan melakukan banyak pertimbangan antara membuat desain baru yang sama sekali berbeda dari sebelumnya? atau memodifikasi desain logo lama yang sudah anda miliki (jika sebelumnya sudah mempunyai logo)?

Setiap logo harus memberikan gambaran serta deskripsi yang baik. Karena jika hal yang pertama dilihat adalah logo, pastikan anda memiliki logo yang tepat, unik dan memiliki visi misi didalamnya.

macam-macam-logo
photo by : https://wsmproject.blogspot.com/

Berikut ini adalah 7 jenis logo yang harus anda ketahui.

  • Letter Mark
  • Word Mark
  • Pictorial Marks
  • Abstrac Logo Marks
  • Maskot
  • Kombinasi
  • Emblem

Berikut penjelasannya :

Letter Mark (Monogram Logo)

logo-cnn-indonesia
photo by : https://id.wikipedia.org/

Beberapa contoh bisnis yang terkenal yang menggunakan logo monogram adalah HBO, IBM, HP, dan CNN.

Hanya dengan menggunakan inisialisasi 2 atau 3 huruf, maka nama mereka akan mudah untuk diingat dan hal ini bertujuan untuk identifikasi brand.

Oleh karena itu sebagian orang menggunakan logo monokrom atau juga biasa dikenal dengan sebutann logo lettermark untuk mewakili perusahaan mereka.

Letter Mark atau Monogram Logo memiliki basis tifografi yang terdiri dari beberapa inisial nama perusahaan yang mudah diingat.

Dengan hanya menggunakan inisial nama perusahaan yang anda miliki, maka hal ini sangat efektif untuk mempersingkat nama perusahaan anda.

Karena logo monogram lebih fokus kepada inisial perusahaan, maka anda harus memperhatikan aspek font.

Anda harus bisa memastikan bahwa font yang anda pilih sudah relevan dengan perusahaan sekaligus mudah dibaca  dan dicetak.

Word Mark (Type Logo)

logo-google
http://pngimg.com

Sebenarnya, Word Mark atau Type Logo hampir sama dengan Letter Mark (Monogram Logo). Namun Word Mark lebih fokus pada sebuah font pada nama bisnis.

Salah satu perusahaan yang menggunakan jenis Word Mark atau Type Logo adalah perusahaan Google.

Singkatnya, jenis logo ini biasa digunakan untuk perusahaan yang memiliki nama-nama yang pendek dan mudah untuk diingat.

Ketika nama itu menarik dan mudah diingat, kemudian dikombinasikan dengan tipografi yang pas, maka jenis logo ini dapat membantu untuk memperkenalkan brand anda dengan cepat dan tepat.

jika anda memiliki nama bisnis yang singkat, anda harus benar-benar memilih atau membuat font, bentuk, gaya dan warna yang dapat mempresentasikan apa yang dilakukanoleh bisnis anda.

Pictorial Mark (Symbols Logo)

logo-apple
photo by : https://www.freepik.com

Pictorial Mark atau biasa dikenal dengan simbol logo merupakan jenis logo yang lebih menonjolkan desain grafis dan biasanya menggunakan simbol atau bentuk-bentuk serta gambar unik yang relevan dengan identitas perusahaan anda.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Pictorial Mark atau Simbol Logo adalah memilih  serta memutuskan gambar atau bentuk yang tepat dan sesuai dengan bisnis anda.

Untuk membuat Pictorial Mark dibutuhkan orang-orang yang memiliki kreativitas tinggi agar logo tersebut tidak hanya berupa gambar, tetapi juga memiliki filosofi yang relevan dengan prusahaan.

Salah satu perusahaan terpopuler yang menggunakan jenis logo Pictorial Mark atau Simbol Logo adalah perusahaan Apple.

Logo yang dipilih perusahaan Apple ini sabgat ikonik sehingga pelanggan mudah untuk mengenali serta mengidentifikasi logo tersebut.

Abstrtact Logo Marks

logo-nike
photo by : https://id.wikipedia.org/

Pada dasarnya, jenis logo Abstrak sama dengan logo pictorial. Karena keduanya menggunakan elemen gambar. Namun yang membedakan keduanya adalah logo abstrak menggunakan logo abstrak untuk menyampaikan pesannya.

Anda bisa menggunakan logo abstrak untuk menyampaikan perasaan lebih sehingga setiap orang dapat memiliki penafsiran yang berbeda untuk menafsirkan logo tersebut.

kelebihan dari jenis logo Abstrak ini adalah logonya yang unik. Selain itu, anda dapat menyampaikan pesan perusahaan anda secara simbolis.

Salah satu contoh perusahaan terkenal yang menggunakan jenis logo abstrac ini adalah Nike. Arti dari logo Nike tersebut adalah tentang kebebasan, keberhasilan dan kemenangan.

Maskot

logo-kfc
photo by : https://id.wikipedia.org/

Kebanyakan orang mengatakan bahwa Logo Maskot adalah cara yang unik untuk menyampaikan pesan mengenai brand anda.

Biasanya maskot hanya berupa karakter bergambar yang bisa mendeskripsikan bisnis anda. Secara visual, tentunya logo ini lebih menarik dibanding dengan logo lainnya.

Kelebihan dari logo maskot ini adalah banyak disukai banyak orang karena memiliki keunikan serta mudah mendapatkan perhatian daripada jenis logo lainnya.

Logo Maskot ini biasanya digunakan oleh tim olahraga, perusahaan jasa, brand makanan dan biasanya mereka berusaha untuk mendapatkan diri dengan pelanggan mereka.

Kombinasi

logo-microsoft
photo by : https://atlanticventureforum.ca/

Ketika anda kebingungan dalam membuat logo, anda bisa mengkombinasikan satu sama lainnya menjadi satu.

logo kombinasi akan menjadi logo yang unik. dengan menkombinasikan font gabungan, gambar, atau beberapa variasi lainnya. Seluruh kombinasi logo tersebut akan bekerja sama  untuk memperkuat brand.

Kelebihan dari logo kombinasi ini adalah logo ini sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam situasi yang berbeda.

Salah satu contoh perusahaan besar yang menggunakan logo kombinasi adalah perusahaan Microsoft.

Emblem

logo-harley-davidson
photo by : http://pngimg.com/

Jenis logo ini adalah jenis logo tertua. Logo Emblem merupakan jenis logo yang tidak terpisahkan dari gambar.

Logo ini biasanya terdiri dari font dalam simbol atau ikon seperti segel, lencana dan desain ini biasanya sangat sulit untuk ditiru oleh merk desain lainnya.

Keuntungan dari logo emblem ini cenderung terlihat klasik (Vintage) dan mencolok sehingga sering digunakan untuk logo organisasi.

Contoh salah satu perusahaan populer yang menggunakan jenis logo ini adalah perusahaan harley davidson.

Kesimpulan

Menciptakan dan membuat logo merupakan salah satu bagian penting dalam memulai sebuah bisnis. biarkan kreatifitas anda menjadi liar dalam membuat logo. Carilah orang yang membuka jasa desain logo profesional dan buatlah logo anda semenarik mungkin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *