√ 35+ Kata-kata Anak Rantau Yang Menginspirasi dan Penuh Makna

kata-kata bijak anak rantau
foto oleh arsipala.com

Kata-kata anak rantau – Menjadi anak rantau tentu bukanlah hal yang mudah. Belajar mandiri setelah sekian lama hidup bersama orang tua dan keluarga tentu harus dilewati dengan penuh lika-liku.

Menjadi anak rantau memang menjadi pilihan hidup sebagian kalangan anak muda. Tidak hanya orang dewasa, bahkan ada pula yang memulai perantauannya sejak SMP.

Sudah pasti akan ada banyak pengalaman hidup yang didapatkan saat jauh dari kampung halaman. Dan pasti akan ada banyak orang-orang yang berbeda yang akan kita temui.

Kata-kata anak rantau

Akan ada banyak cerita yang akan kita lalui selama berada di daerah perantauan. Baik itu senang ataupun sedih. Semua yang kita alami akan menjadi pelajaran tersendiri.

Disaat kita sedih, kita harus punya motivasi yang kuat agar bisa menyelesaikan masalah yang kita hadapi.

Berikut ini adalah kata-kata bijak anak rantau yang berisi tentang motivasi agar kita lebih bersemangat dalam menghadapi cobaan hidup :

***

“Sabar! Orang-orang yang berpengetahuan dan beradab tidak tinggal di tempat tinggal mereka, meninggalkan tanahmu dan tinggal di tanah orang-orang itu.”

***

“Sejauh apapun kamu pergi, kamu akan selalu punya tempat untuk pulang yaitu keluarga. Seorang perantau hanya pergi untuk kembali dan membuktikan kepada mereka bahwa kita bisa pulang dengan keadaan yang berbeda.”

***

“Ada rindu yang harus dituntaskan, serta jatah liburan yang harus habiskan.”

***

“Jika Anda pergi mencari pengetahuan atau pemeliharaan, berhati-hatilah untuk beribadah agar setiap langkah Anda menjadi berkah.”

***

“Merantaulah, maka kamu akan tau betapa mahalnya harga tiket untuk pulang.”

***

“Merantau bukanlah hal yang remeh. Jauh dari orang tua dan keluarga adalah hal yang sulit untuk dijalani.”

***

“Jauhnya mata lantas tak membuat hati jauh.”

***

“Disetiap langkah kakiku berpijak, ada harapan yang ditnam oleh orang-orang yang mencintai serta merindukanku.”

***

“Harapan dapat membahagiakan kedua orang tua yang disayangi menjadikan motivasi tersendiri bagi anak rantau.”

***

“Saya bekerja keras karena saya bukan penikmat harta orang tua.”

***

“Hal yang sangat berat saat merantau adalah jauh dari orang tua. Segalanya harus diurus sendir. Untuk itu seorang perantau harus mandiri.”

***

“Tujuan merantau adalah untuk bekerja. Bukan untuk berleha-leha dan menikmati harta orang tua.”

***

“Merantau membuatku mengerti betapa perihnya hidup yang dijalani. Saat membutuhkan makanan, saa kehabisan uang, dan semua itu pernah dirasakana oleh anak rantau.”

***

“Sesedih apapun keadaanmu dirumah, akan selalu ada yang membantu. Orang tua tidak akan tega melihat anaknya dalam keadaan susah. Tapi diperantauan, tidak semua orang akan peduli seperti orang tua peduli pada anaknya.”

***

“Beruntunglah kalian yang setiap hari masih bisa menikmati masakan seoang ibu. Karena kami diperantauan merindukan hal itu.”

***

“Saat masih dirumah, masakan ibu adalah hal sepele yang tidak special. Tapi begitu kamu ada diperantauan, masakan ibu adalah hal yang paling dirindukan.”

***

“Perantau tidak hanya memiliki hati yang kuat. Mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuannya tanpa melibatkan kedua orang tua.”

***

“Kunci kesuksesan yang dipantau adalah memperkuat hati agar tidak mudah terguncang hanya karena kerinduan keluarga.”

***

“Perantau yang sukses juga harus bisa bekerja keras mengumpulkan keeping-keping rupiah demi sebuah impian membahagiakan kedua orang tua.”

***

“Pantang menyerah sebelum sukses.”

***

“Dengan merantau kamu akan lebih menghargai apa yang kamu milikii. Termasuk keluarga.”

***

“Jika sudah jauh baru terasa betapa berhargannya keluarga. Mereka yang selalu ada dan memenuhi segala kebutuhanmu, sekarang kamu harus belajar mengatur segalanya sendiri.”

***

“Sepintar-pintarnya melakukan penghematan, akan ada masa dimana kamu bertahan hidup di perantauan tanpa uang satu rupiahpun.”

***

“Merantau akan memberikanmu banyak pengalaman. Pergilah sejauh mungkin, tapi jangan lupakan kampung halaman.”

***

“Merantaulah agar kamu bisa merasakan betapa besarnya rindu akan kampong halaman.”

***

“Lulus kembali ke rumah, rumah menolak untuk pergi lagi.”

***

“Dimana bumi berpijak disitu langit dijunjung. Sebagai anak rantau kita harus selalu menjaga serta menghormaati adat istiadat dimanapun kita berada.”

***

“Meskipun kita jauh dari orang tua dan keluarga, tapi dengan doa mereka semuanya terasa dekat dan sangat bersahaja.”

***

“Kami mungkin punya mental yang jauh lebih kuat dibandingkan denga anak yang masih tinggal bersama kedua orang tuanya.”

***

“Setiap permasalahan yang ada kamu hadapi denga sendiri dan mandiri. Setiap kesepian yang datang kami lawan dengan ketegaran yang hebat.”

***

“Bila rindu mulai mengetuk hati kami, kadang hanya sebuah tangislah yang kami tahan di setiap malam.”

***

Nah mungkin itulah beberapa kata-kata anak rantau yang bisa dijadikan motivasi supaya kamu tetap semangat meskipun sedang berlelah-lelah berjuang. Segala bentuk kesulitan seharunya tidak menjadi masalah. Tetap berjuang dikota orang demi meraih cita-cita.

Dan jangan lupa berdoa untuk pulang ke rumah. Dengan membawa kesuksesan dan memiliki nama keluarga yang baik.

Perasaan yang sering dialami anak rantau

perasaan-yang-sering-dialami-anak-rantau
foto oleh siswanetoes.blogspot.com

***

“Pendidikan adalah hal yang harus diperjuangkan. Meskipun kamu harus memperjuangkannya ke tempat yang jauh.”

***

“Terkadang kamu harus rela merantau kedaerah asing yang tidak pernah kamu datangi sebelumnya demi menuntut masa depanmu.”

***

Kamu sanggup berjuang meski jauh dari orang tua

***

Kamu terpaksa harus mandiri lebih awal dibanding teman sebayamu. Ditempat yang baru, kamu harus siap memulainya kembali dari awal.

***

Kamu harus mencari tempat tinggal, mencari tempat makan yang ramah dikantong serta berkenalan dengan orang-orang baru. Sendirian.

***

Kamu berusaha menghapus air matamu demi tak merepotkan orang tuamu.”

***

“Kamu rela bertahan ditanah rantau demi mengurangi beban ekonomi keluarga meski libur telah tiba. Meskipun kamu saar bahwa setiap orang tua pasti tidak pernah melarang anaknya untuk pulang.”

***

“Kamu harus rela menghapus matamu dan berusaha sekuat mungkin agar tidak merepotkan kedua orang tua.

***

“Disaat orang lain bertemu keluarganya saat liburan, kamu masih tetap berusaha untuk mencari kesibukan sendiri.”

***

“Waktu libur adalah momen yang pas untuk berkumpul bersama keluarga. Namun pada kenyataannya tidak semua anak rantau bisa mengalami hal tersebut.”

***

“Selain itu, saat libur dan tidak bisa pulang kampung, kamu harus mencari kesibukan lain yang bisa melampiaskan kesedihanmu.”

***

“Saat orang tua memasak makanan favoritmu, kamu tidak bisa mencicipinya.”

***

“Ingin rasanya pulang serta menyantap makanan itu sambil becanda dengan keluarga. Namun kamu harus tetap bertahan didaerah perantauan untuk menyelesaikan pendidikanmu dan segera pulang ke rumah.”

***

“Pernah sakit karena terlalu rindu kampung halaman.”

***

“Kamu yang merantau saat liburan tentunya tidak bisa pulang kekampung halaman dan hanya bisa telponan dengan kedua orang tuamu.”

***

“Hanya suara yang dapat melampiaskan rasa rindu kamu sebagai anak rantau. Bahkan sebagian besar anak rantau ada yang menjadi sakit karena telalu merindukan kampung halaman mereka.”

***

“Kamu hanya bisa menyembuhkan diri kamu sendiri tanpa ada kedua orang tua yang mendampingimu ketika sakit.”

***

“Hanya kamu yang mengerti bagaimana berharganya waktu dirumah.”

***

“Dalam setahun, anak rantau hanya bisa pulang untuk beberapa hari saja. Jadi hanya kamu sebagai anak rantau yang bisa mengerti bagaimana berharganya waktu saat berkumpul bersama keluarga.”

***

“Satu-satunya motivasi yang membuat kamu menjadi lebih kuat ditanah rantau adalah pergi untuk kembali kekampung halamanmu dengan membawa perubahan yang bisa dibanggkan oleh kedua orang tua.”

***

Mungkin itulah beberapa kata-kata anak rantau yang bisa membuka pikiran bahwa tidak selamanya merantau itu menyedihkan. Terkadang setelah kita merantau akan banyak pengalaman serta pelajaran yang dapat kalian ambil.

Jangan lupa untuk sering berkunjung ke wesite dosendigital.com dan temukan arikel yang kamu butuhkan.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *