√7+ Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Kursus Bahasa Inggris

Dikarenakan begitu pentingnya bahasa inggris di era globalisasi ini, membuat hampir seluruh orang berusaha untuk selalu berusaha agar bisa mengikuti kursus bahasa inggris.

Tidak hanya dapat dipelajari dibangku sekolah, belajar bahasa inggris juga bisa didapat melalui lembaga non formal seperti kursus, atau juga bisa dilakukan secara mandiri atau otodidak.

Kemampuan berbicara bahasa inggris sudah menjadi salah satu kunci utama untuk bisa berkomunikasi serta beradaptasi dengan orang barat atau kebanyakan orang diseluruh dunia.

Namun sebelum kalian ingin belajar bahasa inggris, ada baiknya jika kalian mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengikuti Kursus Bahasa Inggris

belajar-bahasa-inggris
photo by : onlinetech-tips.com

Sebaiknya sebelum kalian mengambil kursus bahasa inggris, kalian harus memperhatikan dengan benar apa-apa yang harus disiapkan, supaya nantinya bisa maksimal. berikut adalah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum belajar bahasa inggris

1. Ketahui Level Diri Sendiri

Secara umum, ada beberapa level dalam bahasa inggris. yaitu:

  • Basic (Pemula)
  • Intermediate (Pertengahan)
  • Advance (Profesional)

Supaya kalian bisa mengetahui level mana yang tepat untuk kalian, kalian harus mengetahui terlebih dahulu kemampuan diri sendiri

2. Tentukan Bagian Apa yang Ingin Dipelajari

Ada banyak hal yang bisa kalian perlajari dalam mempelajari bahasa inggris, tentunya hal ini harus disesuaikan dengan materi apa yang nantinya akan kalian tingkatkan.

Misalkan jika kalian ingin memperdalam tentang percakapan, kalian harus mengambil conversation class yang dimana didalamnya lebih banyak praktek tentang berbicara serta percakapan lainnya.

Untuk saran, jika kalian ingin belajar speaking atau conversation class, kalian bisa mengambil kursus dipare, disana kalian akan menemukan banyak tempat kursus yang berkualitas dan guru-guru berpengalaman.

3. Ketersediaan Waktu

Sebelum kalian benar-benar yakin ingin mengikuti kursus bahasa inggris, kalian harus memastikan apakah kalian punya waktu untuk bisa mengambil kursus tersebut atau tidak.

Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan waktu dan tempat ketika kalian mengambil kursus nantinya. usahakan kalian sudah memiliki waktu luang sebelum mengambil kursus.

4. BIsakah Dengan Otodidak?

Untuk kalian yang masih ragu dengan kursus bahasa inggris yang telah dipilih, kalian bisa mencoba belajar dirumah sendiri dengan menggunakan metode belajar otodidak.

Belajar otodidak bisa dilakukan dengan cara menonton film barat, mendengarkan lagu-lagu favorit berbahasa inggris, atau bahkan bisa melalui video-video yang ada di youtube.

Bagaimana Cara Memulai Kursus Bahasa Inggris?

Mungkin sebagian orang ada yang kebingungan saat hendak memulai belajar bahasa inggris. Akan timbul beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membuat kita bingung.

Jangan kebingungan, kalian hanya harus mempersiapkan jawaban seperti: Bagaimana saya harus memulainya? Tempat kursus bagaimana yang tepat untuk saya, dan yang lainnya.

Untuk bisa menjawab semua pertanyaan diatas, kalian harus tahu terlebih dahulu sebenarnya apa tujuan kalian belajar bahasa inggris?

Tentukan Tujuan Belajar

Setiap orang tentunya memiliki tujuan yang berbeda dalam melakukan sesuatu, termasuk dalam belajar bahasa inggris. Berikut adalah beberapa faktor yang melatar belakangi belajar bahasa inggris:

  • Meningkatkan Kualitas Diri

upgrade-yourself
photo by designcrowd.com

Salah satu tujuan belajar sebagian orang adalah meningkatkan kualitas dirinya dengan cara mengambil kursus bahasa inggris dengan tujuan supaya orang tersebut Percaya diri dengan menguasai bahasa inggris baik speaking, writing, dan listeningnya.

  • Kebutuhan Non-formal

english-conversation
photo by : employee-performance.com

Kebutuhan non-formal ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang suka bepergian kenegara barat, orang yang memiliki teman orang luar negeri, atau bahkan mereka yang memiliki pasangan diluar sana.

  • Kebutuhan Formal

guru-bahasa-inggris
photo by : english-today-medan.com

Orang-orang yang memiliki tujuan formal biasanya belajar bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya disekolah, untuk persyaratan pendidikan/pekerjaan, atau lulus di level tertentu seperti TOEFL, TOEIC atau yang lainnya.

Tentukan Target dan Tujuan Kursus Bahasa Inggris

Setelah tujuan kita jelas, supaya apa yang telah kita rancang diawal dapat terealisasi, dan untuk mengefektifkan pencapaian belajar, mulailah dengan membuat target-target serta mengatur agenda pembelajaran yang akan dilakukan dalam jangka waktu tertentu.

Kenali Keterampilan Sebelum Kursus Bahasa Inggris

Karena keterampilan ini saling berkaitan. Misalnya, kalian harus bisa menyimak sebelum mengucapkannya kepada orang lain, atau kalian harus bisa membaca sebelum bisa menulis teks.

Berikut ini adalah 4 aspek keterampilan berbahasa yang harus kalian perhatikan:

1. Listening Skill atau Keterampilan Mendengarkan

listening-skill
photo by : goskybound.com

Menurut penelitian bahwa mendengarkan dan menyimak perkataan secara auditori dipercaya dapat melatih kecakapan berbahasa secara lebih cepat. Tidak hanya itu, listening skill dengan cara mendengarkan sekaligus menyimak mampu mengembangkan beberapa keterampilan mikro. Yaitu:

  • Mengingat pelafalan, membedakan makna bahasa.
  • Menyimpan unsur bahasa dalam daya ingat jangka pendek.
  • Mencermati tekanan kata
  • Melatih membedakan kelas kata khusus

2. Speaking Skill atau Keterampilan Berbicara

speaking-skill
photo by : nih.gov

Kemampuan bicara ini biasanya dipadankan dengan kemampuan melafalkan atau pronounce. Dengan pelafalan yang benar dan pengucapan yang benar maka kata yang terdengar akan lebih mudah untuk dipahami.

Supaya keterampilan speaking kita lebih meningkat, adal beberapa keterampilan mikro lainnya yang harus dipelajari. Yaitu:

  • Mengupayakan supaya sampainya ide pokok yang ingin disampaikan
  • Gunakan ragam bahasa yang tepat dan sesuai
  • Ucapkan secara benar
  • Berikan tekanan kata dan intonasi yang tepat
  • Melafalkan bunyi kata dengan benar

3. Reading Skill atau Kemampuan Membaca

reading-skill
photo by : pluspng.com

Kemampuan membaca berbeda dengan keterampilan lainnya. Karena reading skill ini membutuhkan keterampilan mikro yang mungkin lebih rumit dibandingkan dengan yang lainnya. Diantaranya:

  • Membaca setiap hari, apapun itu. Usahakan membaca bacaan yang membuat kalian senang, karena belajar akan lebih menyenangkan jika kalian merasa senang.
  • Bacalah sesuai dengan kemampuan sehingga kalian tidak akan merasa terbebani.
  • Membuat catatan kecil untuk kosakata atau idiom yang baru kalian temukan. Usahakan untuk membuat catatan tersendiri agar kalian bisa lebih memahami.

4. Writing Skill atau Kemampuan Menulis

Writing-skill
photo by : pngpix.com

Kemampuan ini bisa dibilang merupakan aspek yang sangat rumit karena prosesnya tidak hanya menyalin kata-kata, juga bagaimana kita menuangkan ide pokok pikiran dan merangkainya menjadi kalimat yang indah serta enak dibaca.

Beberapa keterampilan mikro yang diperlukan adalah:

  • Sesuaikan gaya bahasa yang cocok untuk target.
  • Menyuguhikan produk pikiran yang didukung oleh ide-ide yang rasional.
  • Memilih serta menyesuaikan kata yang tepat.
  • Menuliskan serta menjaga kata demi kata secara benar.

Mungkin itulah beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kegiatan belajar atau kursus bahasa inggrisnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya.

Jangan lupa untuk selalu mengunjungi serta membagikan artikel yang ada diwebsite DosenDigital.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *