Cara Merawat Burung Kenari Supaya Rajin Bunyi (Gacor)

Cara Merawat Burung Kenari Supaya Rajin Bunyi (Gacor) – Burung kenari adalah jenis burung yang sangat banyak digemari oleh para kicau mania.

Alasan burung kenari banyak digemari oleh para kicau mania adalah variasi warna yang beragam, kombinasi suara yang unik.

Suara burung kenari sangat variatif. Banyak suara jenis burung lainnya Yang dapat ditiru oleh jenis burung kenari.

Untuk menciptakan burung kenari yang memiliki suara yang bagus tentunya tidak mudah. Ada beberapa tips yang perlu diketahui oleh para kicau mania dalam memelihara burung kenari.

Karakteristik burunug kenari :

sifat-sifat-burung-kenari
by Ben Konfrst on Unsplash
  • Mudah beradaptasi. Jenis burung kenari adalah jenis burung yang mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan.
  • Jenis burung penyanyi dan petarung. Apabila burung kenari mendengar suara burung kenari lainnya, maka semangat tempurnya langsung berkobar.
  • Birahi yang tidak stabil (mudah naik). Banyak hal-hal yang bisa menyebabkan birahi burung kenari, misalnya variasi makanan yang kurang tepat, penjemuran yang terlalu berlebihan atau dengan cara melihat lawan jenisnya dapat mengakibatkan birahi burung kenari naik.
  • Mudah jinak. Jenis burung ini mempunyai kelebihan yaitu sangat mudah beradaptasi sehingga burung ini mudah dijinakan oleh pemiliknya.
  • Tidak mudah stress.

Cara Merawat Burung Kenari. Setelah kita mengetahui karakteristik burung kenari, lalu bagaimana cara merawat kenari yang baik dan benar supaya rajin bunyi ? berikut ini adalah tips bagaimana cara merawat kenari supaya rajin bunyi :

cara merawat kenari supaya rajin bunyi :

  1. Pengembunan burung kenari

perawatan-harian-burung-kenari
by Ato Anthony on Unsplash

Cara Merawat Burung Kenari.

Pengembunan adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh para kicau mania.

Tujuan dari pengembunan ini yaitu supaya burung kenari terangsang untuk lebih rajin berbunyi.

Disamping rajin, burung kenari akan memiliki fisik yang sehat dan nafas yang panjang.

Pengembunan burung kenari bisa dilakukan mulai dari jam 05.00 sampai jam 06.00.

Proses pengembunan ini harus rutin dilakukan dengan tujuan supaya kualitas burung kenari kicau mania bisa tetap terjaga.

  1. Memandikan kenari

cara-memandikan-burung-kenari-yang-baik-dan-benar
by Ann Jessica Johnson from Pixabay

Tidak hanya manusia yang harus mandi. Burung kenaripun harus dimandikan.

Waktu yang tepat untuk memandikan burung kenari menurut dosen digital adalah setelah pengembunan atau sekita setengah 7.

Manfaat dari memandikan burung yaitu membuat burung sehat, burung terlihat lebih bersih terawat.

Disamping itu, burung akan terhindar dari segala macam jenis kutu dan bisa mengatasi burung yang sedang over birahi.

Ada dua  cara memandikan burung kenari. Cara yang pertama yaitu dengan menggunakan cepuk. Burung kenari bisa mandi sendiri dalam cepuk tersebut.

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan alat semprot. Para kicau mania bisa menyemprot seluruh tubuh burung kenari hingga basah kuyup.

Kelebihan memandikan burung kenari dengan cara disemprot yaitu bisa membuat burung kenari lebih jinak sekaligus melatih mental si burung.

  1. Membersihkan sangkar atau kandang kenari

cara-membersihkan-kandang-burung-kenari-yang-baik
by Chris Fuller on Unsplash

Salah satu faktor yang mempengaruhi kesehatan burung yaitu kebersihan sangkar atau kandang.

Kebersihan sangkar kenari juga harus diperhatikan. Apalagi jika ada kotoran burung kenari yang sudah menjamur maka akan menimbulkan penyakit serta bakteri pada burung.

Perhatikan juga kebersihan tangkringan pada sangkar burung. Usahakan tidak ada kotoran yang menempel pada tangkringan karena bisa menimbulkan jamur pada kaki burung.

Tidak hanya kandang dan tangkringannya saja, para kicau mania juga harus memperhatikan tempat pakan dan minum jangan sampai pada tempat makan terdapat kotoran burung. Dan pastikan tempat minum bersih dari kotoran serta lumut yang suka menempel.

Jika kandang burung sangat kotor sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap, hal tersebut bisa mengakibatkan burung kenari sakit bahkan bisa mengakibatkan kematian.

  1. Menjemur burung kenari

cara-menjemur-burung-kenari-yang-benar
by Chris Fuller on Unsplash

Jika burung kenari sudah dimandikan, dan sangkar sudah dibersihkan, lanfkah selanjutnya adalah menjemur burung.

Penjemuran burung kenari bisa dilakukan pada pagi hari saat cahaya matahari sedang hangat-hangatnya.

Biasanya penjemuran burung kenari dilakukan dalam waktu 1 – 2 jam saja. Karena jika menjemur terlalu lama, makan akan mengakibatkan burung kenari over birahi.

Usahakan para kicau mania tidak menjemur kenari diatas jam 10 karena sangat fatal untuk kesehatan kenari serta volume suara burung tidak stabil.

  1. Permberian makanan

memberi-makan-burung-kenari
by Roy Buri from Pixabay

Pemberian makanan yang baik dan benar sangat berpengaruh terhadap kesehatan serta performa burung kenari.

Oleh karena itu perhatikan makanan yang anda berikan kepada burung anda. Karena jika hanya sekedar memberi makan tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan dan performa burung.

Salah satu contoh pakan yang baik untuk kenari adalah canary seed atau biji-bijian campuran seperti biji sawi, milet merah, milet putih dan nigger

  1. Pemberian extra fooding

cara-memberi-extra-fooding-pada-burung-kenari
by themarthablog

Pemberian extra fooding atau makan tambahan untuk burung kenari itu merupakan hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan.

Cobalah berikan extra fooding kepada burung kenari secara rutin. Berikanlah extra fooding seperti sayuran hijau, kroto atau telur semut, buah-buahan, asinan atau tulang sotong, telur puyuh dan ulat hongkong.

Cara memberikan extra fooding kepada burung kenari yaitu satu hari satu kali atau bisa juga dua hari satu kali.

Pemberian extra fooding secara teratur dapat membuat burung kenari menjadi rajin berbunyi atau biasa disebut gacor.

  1. Memaster burung kenari

cara-master-burung-kenari
by Escuela Valdez

Burung kenari adalah termasuk dalam kategori burung yang cerdas. Mereka bisa meniru suara sebegian burung lainnya.

Memaster burung kenari adlah salah satu cara yang dianggap ampuh oleh para kicau mania. Karena dengan memaster burung secara tidak langsung kicau mania sudah mengekplorasi burung kenari supaya memiliki suara yang bervariasi.

Tujuan lain dari memaster yaitu agar burung kenari memiliki dapat memiliki suara yang bagus serta bervariasi dan bisa memacu burung kenari untuk lebih rajin untuk berbunyi.

  1. Mengumbar burung kenari

cara-mengumbar-burung-kenari-yang-baik
by animalia-life

Seperti halnya manusia, burungpun juga butuh olahraga supaya memiliki stamina yang baik.

Jika burung kenari milik kicau mania sering mengikuti lomba, mengumbar burung kenari adalah sebuah keharusan yang tidak boleh ditinggalkan.

Fungsi utama dari mengumbar burung kenari  yaitu untuk membuat nafas panjang serta menstabilkan birahi.

Cara mengumbar burung kenari adalah dengan melakukannya semunggu 2 kali. Namun jika burung kenari milik kicau mania over birahi, bisa  dilakukan tiga sampai empat kali dalam satu minggu.

  1. Pengkrodongan kenari

cara-mengkrodong-burung-kenari
by gallery4k

Hal yang perlu diketahui saat memaster burung kenari adalah pengkrodongan. Artinya supaya hasil memaster burung kenari maksimal, lakukanlah sambil dikrodong.

Mengkrodong juga bisa membuat burung istirahat nyenyak. Kicau mania bisa mengkrodong serta pemasteran sejak pukul 6 sore sampai besok pagi kurang lebih jam 5.

  1. Hindari fakto pengganggu

gangguan-terhadap-burung-kenari
by WallpapersCraft

Jaga kestabilan emosi burung kuenari milik kicau mania. Dalam artian janga sampai ketenangan burung kenari anda terganggu.

Jika burung kenari anda sering terganggu, jangan aneh jika burung kenari tersebut menjadi stress bahkan sampai ada yang mati.

Factor-faktor pengganggu bagi burung kenari diantaranya kucing, tikus, dan hewan buas yang lainnya.

  1. Konsisten dan telaten dalam merawat burung kenari

konsisten-merawat-buruung-kenari-supaya-tetap-gacor
by Buka Brangkas

Kunci keberhasilan dalam melatih supaya kenari para kicau mania tetap gacor adalah konsisten dan telaten dalam melakukan perawatan hariannya.

Mungkin itu saja sebagian tips yang dosendigital berikan untuk para kicau mania, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para kicau mania.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *