Tanaman Hias Gantung Yang Paling Mudah Dirawat

jenis-jenis tanaman hias
by pixabay

Bercocok tanam adalah hobi yang menyenangkan. Suasana yang sejuk dan bau semerbak bunga dapat membuat hati dan fikiran kita menjadi segar. Adapun jika halaman rumah anda tidak memungkinkan untuk bercocok tanam, tanaman hias gantung adalah solusi untuk kesegaran serta keindahan rumah anda. Jika sebelumnya anda belum pernah memiliki atau memelihara, anda gak perlu khawatir karena tidak semua tanaman hias itu susah dirawat.

 

BACA JUGA : Jenis-jenis Kucing Peliharaan Yang Paling Popular

 

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis tanaman hias yang mudah dirawat oleh para pemula :

Tanaman Hias Petunia

11 Jenis Tanaman Hias Gantung
by pixabay

Pohon petunia merupakan tanaman hias gantung yang sangat popular. Tanaman petunia merupakan tanaman rimbun yang memiliki bentuk menyerupai terompet dan memiliki variasi warna yang indah seperti putih, kuning, merah, ungu atau bahkan ada juga yang memiliki warna kombinasi.

Disamping warnanya yang indah, tanaman hias yang satu ini juga kebal terhadap iklim dan cuaca yang panas. sehingga akan sangat indah untuk dijadikan hiasan dihalaman rumah anda.

Tanaman Hias Bunga Begonia

12 jenis tanaman hias gantung
by pixabay

Tumbuhan begonia adalah tanaman hias yang sangat digemari karena bentuk daunnya yang padat dan ornamental. Bentuk daun bunga begonia biasanya asimetris (tidak simetris) dan memiliki variasi warna yang memikat.

Karena variasi warnanya yang memikat, Bungan jenis begonia ini kerap dijadikan sebagai hadiah. Bunga begonia ini merupakan tanaman hias yang gampang berbunga. Sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Geranium

12 jenis tanaman hias gantung
by pixabay

Tanaman hias gantung geranium (pelargonium)  ini adalah tanaman yang tidak disukai oeh nyamuk. oleh karena itu sering menggunakan tanaman ini untuk mengusir nyamuk.

Selain fungsinya sebagai pengusir nyamuk, tanaman geranium ini juga sering dijadikan tanaman hias gantung oleh para pecinta tanaman hias. Warna bunga yang dominan merah mencolok sangat cantik dan menarik untuk digantung disekeliling rumah sebagai penyejuk mata. Disamping karakteristiknya yang menarik, ternyata tanaman geranium ini ternyata bisa tumbuh mencapai 1 sampai 2 meter.

Pohon Portulaca

Pohon Portulaca
by pixabay

Tanaman portulaca merupakan bunga yang membutuhkan sinar matahari dan tanah yang berpasir. Namun anda tidak perlu khawatir, jenis bunga portulaca umumnya tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan.

Meskipun dalam pertumbuhannya yang tergolong lambat, bunga dari tanaman hias ini sering berbunga sehingga pas untuk dijadikan dekorasi penghias rumah. Cara mengembakbiakan tanaman portulaca juga terbilang cukup mudah karena bisa dilakukan dengan cara setek.

Tanaman Anggrek

Tanaman Anggrek
by pixabay

Tanaman anggrek ini merupakan salah satu tanaman hias terbaik dan paling digemari hampir diseluruh dunia. Jenis tanaman hias yang satu ini memiliki masa mekar yang  melebihi masa mekar rata-rata bunga lainnya yaitu bisa mekar per 6 minggu.

Tanaman anggrek sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias karena tidak membutuhkan banyak perawatan. Tanaman anggrek ini memiliki ribuan jenis yang terbagi dalam anggrek saprofit, anggrek epifit, anggrek terestrial dan brassavola. Anggrek juga dapat hidup tanpa menempel pada pohon atau tanaman lain yaitu dengan cara digantung dengan menggunakan pot.

Tanaman Zygocactus

Tanaman Zygocactus
by pixabay

Tanaman hias zygocactus ini merupakan keluarga kaktus dengan pertumbuhan yang cukup lambat namun memiliki bunga yang indah. Jika kamu tinggal didaerah dengan cuaca panas, tanaman yang satu ini sanat cock untuk anda koleksi.

Karena pada dasarnya tanaman zygocactus membutuhkan pencahayaan penuh namun membutuhkan sedikit air. Dari segi penampilan, zygocactus ini memang berbeda dari kaktus pada umumnya yang terlihat tandus, kering dan gersang.

Bunga zygocactus ini bisa bermekaran dalam corak yang indah mulai dari putih, merah, bahkan ada juga warna pink. Bentuknya yang tunduk ke bawah membuat tanaman yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Pohon million bells

Pohon million bells
by pixabay

Sama halnya seperti namanya million bells bisa tumbuh dalam jumlah yang banyak dan padat dengan jarak hanya 1 inchi antara 1 bunga  dengan bunga lainnya. Daunya yang berbentuk oval dengan daun yang berwana hijau menyala, sedangkan kelopak bunganya yangmemiliki warna yang kontras seperti merah dan kuning.

Jenis bunga million bells ini juga sering sengundang burung kecil, kupu-kupu dan serangga kecil lainnya. Supaya hasilnya memuaskan, simpanlah ditempat yang tinggi supaya bisa terkena sinar matahari secara langsung.

Tumbuhan hias sedum morganianum

Tumbuhan hias sedum morganianum
by unsplash

Jenis tanaman hias yang satu ini masih memiliki kemiripan dengan tanaman kaktus menyebabkan tanaman ini sangat mudah untuk dirawat. Sifanya yang membutuhkan banyak cahaya matahari dengan sedikit air, membuat sebagian orang menamainya dengan kaktus anggur.

Meskipun tanaman hias yang satu ini tidak memiliki bunga yang cantik seperti tanaman hias gantung sebelumnya, bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan tanaman hias. Tanaman sedum morganianum memiliki warna hijau pucat yang menarik untuk memberikan  variasi warna pada tanaman hias gantung yang kamu miliki.

Tumbuhan petunia red picotee

Tumbuhan petunia red picotee
by cleancutproperty.com

Jenis tanaman hias yang satu ini tak kalah menarik dengan tanamab hias sebelumnya. Tanaman petunia red picotee memiliki bentuk bunga berkelopak lebar, berwarna merah menyala serta dengan bercak putih disekelilingnya.

Tanaman hias ini sangat mudah untuk dirawat. Karena tanaman ini hanya memerlukan lebih banyak air dari tanaman hias sebelumnya. Jadi jika anda ingin memelihara tanaman ini, jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari minimal 1 hari 2 kali. Jika tanaman tersebut kekurangan air, maka tanaman tersebut akan mudah layu. Jadi usahakan untuk sering menyiramnya.

Tanaman hias pakis boston

Tanaman hias pakis boston
by bibitbunga.com

Selanjutnya adalah tanaman hias yang mudah dirawat dan bisa dijadikan sebagai tanam hias adalah pakis boston. Tanaman pakis boston memiliki daun berwarna hijau yang menyegarkan mata. Daunnya yang menjuntai kebawah membuat  tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias gantung.

Meskipun perawatan pakis boston ini terbilang mudah, tapi anda tidak bisa mengabaikan begitu saja. Anda tetap harus memberikan perawatan yang cukup. Karena perawatan yang cukup akan membuat tanaman anda tetap segar, berbunga dan terlihat indah.

Pohon jenggot putih atau Spanish moss

Pohon jenggot putih atau Spanish moss
by pixabay

Tanaman hias yang satu ini memang tergolong sangat unik karena warnanya yang pucat keputihan dan daun berbentuk runcing memanjang seperti untaian rambut. Selain memiliki bentuk serta nama yang unik, perawatan tanaman jenggot putih ini memang tergolong mudah sehingga cocok dijadikan tanaman hias gantung.

Tumbuhan fuchsia atau bunga anting-anting

Tumbuhan fuchsia atau bunga anting-anting
by pixabay

Tanaman fuchsia ini merupakan semak belukar atau pohon yang memiliki ukuran kecil. Ketika berbunga, tanaman hias fuchsia memiliki bunga yang  amat sangat cantik dan indah. Tanaman ini mempunyai warna yang mencolok saat dilihat. Dan untuk perawatannya, tanaman ini membutuhkan tempat yang sejuk dan memerlukan banyak air.

 

Jadi bagaimana?? Sudah kepikiran untuk memelihara tanaman hias gantung?? Saran saya jika anda mau membeli tanaman hias, pilihlah tanaman yang sesuai dengan iklim atau suhu disekitar rumahmu.

dosendigital.com

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *