Ciri-ciri Serta Contoh Tumbuhan Dikotil (LENGKAP)

cara membedakan tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil
Photo by clikcyhun.blogspot.com

Tumbuhan dikotil – Pengelompokkan tumbuhan biasanya dibagi berdasarkan bagian tumbuhan itu sendiri. Misalnya bagian akar terdiri dari akar serabut dan akar tunggal.

Namun salah satu pengelompokan yang akan dosendigital bahas kali ini yaitu terletak pada bagian kepingan bijinya. Secara garis besar, pembagian tumbuhan berasarkan kepingan bijinya dibagi menjadi 2 bagian yaitu tumbuhan dikotil dan tumbuhan monokotil.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang masalah dikotil dan monokotil, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian definisi dari keduanya. Namun untuk kesempatan kali ini, materi yang akan kita bahas adalah penjelasan seputar tumbuhan dikotil.

 

Pengertian tanaman dikotil

Secara garis besar pengertian tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping 2. Biji pada tumbuhan dikotil dilindungi oleh daun buah yang biasa disebut karpel.

Tumbuhan yang masuk kedalam jenis dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang biasa disebut dengan kotiledon.

Daun lembaga sudah terbentuk dari mulai tahapan biji. Oleh karena itu sebagian besar anggotanya memiliki kepingan biji yang rentan atau mudah terbelah.

Tentunya hal ini menjadi pembeda antara tumbuhan dikotil dengan tumbuhan monokotil yang memiliki kepingan biji tunggal.

 

Ciri ciri tumbuhan dikotil

ciri ciri tumbuhan dikotil
Photo by riezvavi.blogspot.com
  • Biasanya tumbuhan yang tergolong kedalam tumbuhan dikotil memiliki biji yang berkeping 2. Hal ini bisa pada dilihat saat proses perkecambahan terjadi biji tersebut terbelah menjadi 2 bagian.
  • Tulang daun pada tumbuhan dikotil biasanya menjadi atau menyirip
  • Bunga pada tumbuhan dkotil memiliki jumlah kelopak, jumlah mahkota dan jumlah benang sari bunga mulai dari kelipatan 4 atau 5.
  • Tumbuhan dikotil memiliki sitem perakaran yang tunggang yang terbentuk dari akar utama (radikula). Radikula adalah pembentuk meristem apikal yang kemudian membentuk jaringan-jaringan akar. Akar yang berkembang dari akar utama biasanya akan lebih kokoh dan lebih menjorok kedalam tanah. Sehingga akan lebih sulit jika dicabut.
  • Pada umumnya pertumbuhan pada tumbuhan dikotil bersifat sekunder sehingga tubuh pada tumbuhanpun ikut membesar. Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dikotil akan menimbulkan terbentuknya kayu serta kulit dari setiap pohon.
  • Berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil dapat mengontrol pembentukan cincin (melingkar). Cincin tersebut akan lebih teatur sehinga akan lebih mudah mengamati susunan korteks dan stele yang didalamnya terdapat pembuluh angkut xylem dan floem. Pembuluh angkut xylem berfungsi untuk mengangkut air dari organ akar ke organ daun. Air yang diangkut akan menggantikan air yang hilang pada saat proses transpirasi. Sedangkan pembuluh angkut floem berfungsi untuk mendistribusikan atau menyebarkan produk hasil fotosintesis berupa makanan dari daun ke batang sehingga seluruh bagian tumbuhan dapat memperoleh energy.
  • serbuk sari pada tumbuhan dikotil memiliki 3 alur pada tiap bulir serbuk sari. Pembuluh kayu pada tumbuhan dikotil akan ditemukan oleh kambium pada organ bagian akar dan organ batang.

 

Contoh tanaman dikotil

  • Cabai (capsium frutescens)
tanaman cabai
Photo by javakarlos.com

Diindonesia, cabai atau biasa disebut dengan cabe merupakan salah satu bumbu yang menghasilkan citarasa pedas. Ada banyak jenis cabe yang beredar diindonesia. Beda bentuk beda pula rasanya.

Semua jenis cabe termasuk kedalam tumbuhan dikotil. Jika diolah dan dimanfaatkan dengan benar, tanaman ini  bisa dijadikan sebagai obat tradisional seperti menurunkan berat badan, meredkan rasa sakit dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kandungan capsaicin dan lasparaginase yang bermanfaat sebagai zat anti kanker kemudian  kandungan vitamin c pada cabe sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan.

  • Buah jambu biji (psidium guajava)
tanaman jambu biji
Photo by id.wikipedia.org

Buah jambu yang satu ini memang sudah tak asing lagi dikalangan para pecinta buah-buahan. Meskipun harganya murah, kandungan vitamin c yang terkandung dalam buah jambu sudah tidak diragukan lagi oleh para peminatnya.

Jika kita lihat lebih dalam pada daun jambu, maka akan nampak jelas bahwa tanaman ini termasuk kedalam tumbuhan dikotil dikarenakan daunnya yang menjari dan menyirip serta terdapat serbuk sari, benang sari dan kepala sari.

Buah jambu sangat baik apabila dkonsumsi secara rutin. Kandungan vitamin dan seratnya sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

  • Buah mangga (mangifera indica)
tanaman buah mangga
Photo by samudrabibit.com

Mangifera indica adalah pohon yang berasal dari india atau burma. Tumbuhan yang menghasilkan rasa manis ini jika kita kupas sampai ke biji-bijinya makan akan terlihat  bahwa biji manga merupakan jenis biji keeping dua atau dikotil.

Ciri fisik pohon manga sudah terlihat jelas. Baik dari batangnya yang besar, daunnya uang menjaring dan menyirip, serta bunganya yang memiliki kelipatan ganjil.

Tidak hanya rasanya yang manis, buah manga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga perawatan kuit. Manga juga termasuk buah-buahan yang dinobatkan sebagai buah yang paling sering dimakan dibunia,

  • Buah rambutan (nephelium lappaceum)
tanaman rambutan
Photo by tanamanherbal.com

Penamaan buah rambutan buah ini didasarkan pada fisik buah ini. Dimana kulit buahnya banyak dikelilingi oleh rambut. Buah rambutan merupakan jenis buah-buahan yang tersebar luas didaerah tropis Indonesia. Tanaman ini merupakan jenis tanaman biji kepang dua.

Ciri-ciri dari pohon rambutan dari mulai akar, batang, daun hingga bunga memiliki ciri-ciri yang sama persis dengan tumbuhan dikotil. Yaitu memiliki akar tunggang, pohon yang berkabium, memiliki bunga dengan kelipatan ganjil dan memiliki biji yang apabila kita buka terdiri dari dua keeping lembaga.

Buah rambutan tumbuh subur diindonesia. Daging buahnya yang renyah dan manis serta mengandung banyak kandungan vitamin yang baik untuk tubuh menjadikan buah ni banyak dikonsumsi masyarakat.

  • Petai (parkia speciosa)
tanaman petai
Photo by edysuyitno10.blogspot.com

Bagi sebagian orang, petai merupakan sayuran yang sangat diminati. Tapi untuk sebagian orang bahkan ada yang tidak menyukai petai. Aroma khas yang terkandung dalam petai mempunyai sensasi tersendiri. Petai termasuk sayuran jenis polong-polongan. Diindonesia biasanya petai suka dijadikan bahan masakan atau juga lalapan.

Meskipun memiliki aroma bau yang khas, ternyata petai juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita terutama untuk ginjal. Kandungan serat dan kaliumnya sangat tinggi. Dengan catatan jangan terlalu banyak ketika mengkonsumsi petai.

  • Pohon mahoni
jual beli bibit pohon mahoni
Photo by jualo.com

Struktur akar tungang, dahan bercabang, daun menyirip mejemuk bulat seperti telur. Dan dengan ciri-ciri tersebut sudah sangat jelas bahwa pohon mahoni termasuk tumbuhan dikotil.

Tumbuhan yang berasal dari india barat ini bisa bertahan hidup diberbagai hutan. Biasanya pohon ini sering ditanam dipinggir jalan dengan alasan bahwa pohon ini bisa menyerap udara udara berkisar 47-69%.

Tak hanya itu. Manfaat lain dari pohon mahoni ini adalah karakter kayunya yang keras dan kuat. Maka tak aneh jika fornitur yang terbuat dari bahan mahoni ini memiliki harga yang lumayan.

Disamping itu, buah pohon mahonipun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh khasiat buah mahoni.

  • Kacang kedelai
kacang kedelai
Photo by rawpixel on Pixabay

Kedelai adalah tumbuhan biji kepang 2 yang terbungkus kulit sehingga kedua bagian keeping tertutup. Kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati. Diindonesia, kedelai sering dijadikan bahan pokok pembuatan tahu dan tempe.

Proses pertumbuhan kedelai terjadi jika biji kedelai kering mendapat unsur hara dari air maka akan terjadi proses perkecambahan. System perakaran kedelai adalah akar tunggang. Meskipun pohonnya tidak besar dengan tinggi mencapai 100 cm dan terdiri dari 3 – 6 batang.

Mungkin itulah beberapa penjelasan seputar tanaman dikotil dari mulai definisi, ciri-ciri sampai contoh.

Mudah-mudahan artikel dari dosendigital bisa bermanfaat dan membantu kalian  untuk bisa mengetahui lebih dalam seputar tanaman dikotil.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada saudara kalian, siapa tau mereka juga butuh informasi lebih mengenai tanaman dikotil.

sekian dari saya, kurang dan lebihnya mohon maaf.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *